Kenali Flora dan Fauna Lewat Aplikasi Ini

23 Apr 2019 15:20 Teknologi & Inovasi

Aulia Akhrian Syahid, mahasiswa Magister Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya, menciptakan sebuah aplikasi yang memudahkan anak-anak untuk mengenal flora dan fauna. Temuan ini bermula saat Aulia melakukan observasi dan wawancara di beberapa institusi pendidikan anak pra-sekolah.

Dari hasil pengamatannya, media pembelajaran di kelas masih menggunakan metode konvensional seperti poster bergambar flora dan fauna. Aulia merasa metode tersebut kurang asyik, dan tidak efektif. Sedangkan untuk membawa contoh hewan atau tumbuhan yang asli ke dalam kelas juga tidak memungkinkan.

Maka dari itu, AR-Child (Augmented Reality for Children) diciptakan sebagai media pembelajaran yang lebih menyenangkan. Dengan aplikasi ini anak-anak bisa merasakan interaksi langsung dengan objek baik itu hewan maupun tumbuhan.

“Unsur magis sangat kental dari teknologi AR-Child ini, karena ketika kamera AR yang telah diprogram diarahkan ke marker berupa huruf abjad, seketika itulah muncul objek hewan dan buah-buahan,” terang Aulia yang sebelumnya juga pernah menciptakan Aplikasi Bahasa Banjar.

Aplikasi ini juga memudahkan pengajar karena tidak perlu repot membawa alat peraga seperti poster. Cukup dengan menginstal aplikasi AR-Child (Augmented Reality for Children) di handphone android.

 

Aulia menerangkan jika aplikasi ini lebih menitikberatkan pada kemudahan para anak-anak prasekolah memahami materi, belajar sambil bermain, dan mereka senang.

 

Berkat karyanya ini, Arya menjadi salah satu peneliti yang dianugerahi Best Paper Award pada The 5th IEEE International Conference on Computing, Engineering, and Design (ICCED) 2019 di Nanyang Executive Centre, Nanyang Technological University (NTU), Jurong, Singapura, April 2019. (fjr)

Reporter/Penulis : Fajar Dwi Ariffandhi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini