Denada dan putrinya, Shakira Aurum.
Denada dan putrinya, Shakira Aurum.

Kenali 7 Gejala Leukemia Seperti yang Diidap Anak Denada

Ngopibareng.id SapaDokter 19 July 2018 11:00 WIB

Kini, putri tunggal Denada, Shakira Aurum tengah menjalani perawatan intensif di National University Hospital Singapura.

Mantan istri Jerry Aurum ini awalnya tidak mengetahui penyakit yang diderita putrinya. Ia mulai menyadari ada keanehan pada putrinya saat Shakira pulang berlibur dari Portugas bersama papanya yang berprofesi fotografer.

Denada melihat ada lebam ditubuh buah hatinya yang disusul demam. Kanker pada anak memang sulit dideteksi. Hal ini lantaran anak atau bayi tidak bisa menceritakan nyeri atau gejala yang dialaminya.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengenali tanda-tanda dan gejala leukimia pada anak agar segera mendapat penanganan segera. Berikut tanda jika anak-anak terkena leukimia, dilansir dari mayoclinic:

1. Memar dan berdarah

Anak yang menderita leukemia dapat mengalami pendarahan lebih dari biasanya setelah cedera ringan atau mimisan. Selain itu, anak juga bisa memar dengan mudah bahkan hanya dengan benturan lembut atau benda tumpul.

 

 

2. Perut sakit dan penurunan nafsu makan

Anak penderita leukemia biasanya mengeluh sakit perut. Ini karena sel-sel leukimia dapat terakumulasi di limpa, hati dan ginjal yang bisa menyebabkan perut membesar. Hal ini juga menyebabkan usus memproduksi lebih sedikit cairan pencernaan sehingga mengurangi rasa lapar. Sehingga anak mungkin tidak memiliki nafsu makan atau tidak dapat makanan dalam jumlah normal.

 

 

3. Sulit bernapas

Sel leukemia dapat menggumpal di sekitar thymus, yang merupakan kelenjar di pangkal leher. Ini bisa menyebabkan anak kesulitan bernapas. Gangguan pernapasan juga bisa terjadi akibat pembengkakan kelenjar getah bening di dada yang terdorong ke arah batang tenggorokan.

 

 

H-8 to these kisses πŸ’‹πŸ’‹πŸ’‹

A post shared by Denada Tambunan #KING (@denadaindonesia) on

4. Sering terjadi infeksi

Sel darah putih diperlukan untuk melawan infeksi, tetapi penderita leukemia tidak dapat melakukan fungsi itu dengan baik. Sehingga anak dengan leukemia akan sering mengalami serangan virus atau bakteri. Gejala-gejala ini termasuk batuk, demam, dan pilek. Infeksi ini sering tidak kunjung sembuh, meski telah menggunakan antibiotik atau pengobatan lainnya.

 

 

5. Bengkak

Jika ada pembengkakan di bagian tubuh anak seperti ketiak, persendian, leher, tulang selangka dan lain-lain, maka ini merupakan tanda anak menderita leukemia. Hal ini karena sel kanker dapat mempengaruhi kelenjar getah bening di bagian tubuh tersebut dan mengalami pembengkakan.

 

 

6. Nyeri tulang dan sendi

Leukemia menyebabkan sel-sel darah bereproduksi lebih cepat yang menyebabkan kepadatan sel darah yang berlebihan. Penumpukan sel ini dapat menyebabkan sakit dan nyeri tulang dan sendi seperti di bagian lutut, siku, punggung dan bagian lainnya.

 

 

7. Anemia

Sel darah merah (sel darah merah) membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Namun, kepadatan sulit menghasilkan sel darah merah yang cukup. Ini menyebabkan suatu kondisi yang disebut anemia. Gejala-gejalanya meliputi kelelahan, kulit pucat, dan napas cepat, lemah dan pusing.

 

 

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Mar 2020 02:35 WIB

Eks Suami Denada Dihukum 11 Tahun Penjara karena Narkoba

Hukum

Eks Suami Denada, Jerry Aurum Dihukum 11 tahun penjara dan denda Rp1 M.

20 Mar 2020 00:41 WIB

Dua Tahun Berobat Kanker, Denada Ganti Nama Anaknya

Selebriti

Nama anak Denada, Shakira diganti menjadi Aisha.

12 Dec 2019 11:50 WIB

Obati Kanker, Anak Denada dapat Kejutan Ultah dari Ayu Ting Ting

Selebriti

Shakira, putri Denada, masih menjalani perawatan kanker darah di Singapura.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...