Kenal di Facebook, Gadis Kelas 1 SMP Dinikahi Pria 41 Tahun

15 Jun 2019 05:59 Nasional

Pernikahan beda usia kembali terjadi di Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan (Sulsel). Kali ini antara pria berusia 41 tahun bernama Rustam Ashary, yang mempersunting gadis belia usia 13 tahun, Sry Wahyuni.

Pernikahan beda usia 28 tahun ini viral di media sosial. Tak sedikit yang mengecam, juga sebagian lainnya mengomentari dengan candaan.

Nurhayati, ibu kandung Sri Wahyuni mengaku, tak ada paksaan atas pernikahan anak bungsunya itu. Murni suka sama suka.

"Kami bahagia. Saya sebagai ibunya hanya mau lihat anak bahagia," ucapnya, pada Jumat kemarin.

Menurut sang ibu, kedua mempelai awalnya berkenalan di Facebook sekitar tiga bulan lalu. Sri Wahyuni disebut mau menerima lamaran Rustam Ashary yang berstatus duda. Pria ini berasal dari Amparita, Kecamatan Tellu, Limpoe, Sidrap.

Sry Wahyuni sendiri masih tercatat sebagai pelajar di sebuah madrasah tsanawiyah. "Dia masih kelas 1 di MTs (setara kelas 1 SMP)," ucap Nurhayati.

Meski keluarga menyebut pernikahan tersebut didasari suka sama suka. Wajah Sry tak memperlihatkan kebahagiaan selama menjalani prosesi pernikahan. Tatapannya juga tampak kosong tanpa ekspresi saat duduk dipelaminan bersama sang suami.

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Sulsel akan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sidrap untuk memastikan hak-hak anak bernama Sry Wahyuni tersebut tetap terpenuhi.

Fokus utama dari pendampingan itu merupakan agar Sry tetap bersekolah dan tidak mendapat perundungan (bullying) dari temannya.

"Karena pernikahan tersebut sudah terlanjur terjadi, diharapkan agar siswi tersebut untuk menunda kehamilannya minimal sampai menyelesaikan pendidikannya," ujar Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak P2TP2A Sulsel, Nur Anti.

Pernikahan beda usia ini bukanlah kali pertama terjadi di Sidrap. Sebelumnya, pada Oktober 2018 lalu, seorang pemuda bernama Idris, usia 20 tahun, menikahi seorang nenek bernama Inade. Usianya 65 tahun. Pasangan beda usia 45 tahun ini juga viral di medsos. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini