Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, saat meninjau lokasi pemasangan lampu jalan tenaga surya, di Kecamatan Lesanpuro, Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang. (Foto: Theo/ngopibareng.id)
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, saat meninjau lokasi pemasangan lampu jalan tenaga surya, di Kecamatan Lesanpuro, Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang. (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Kementrian ESDM Berikan 150 Lampu Tenaga Surya ke Pemkot Malang

Ngopibareng.id Jawa Timur 16 October 2019 18:30 WIB

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan 150 Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Bantuan lampu tenaga surya dari kementrian ESDM tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar di Balai RW 10 Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Arcandra berharap infrastruktur berupa lampu tenaga surya tersebut dapat dikelola secara baik oleh pemkot dan masyarakat.

Untuk itu, ia menyarankan agar sebanyak 150 lampu tenaga surya tersebut disebar di lima kecamatan di Kota Malang dan dipasang di titik-titik yang sering kali dilalui atau dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti sarana umum.

"Iya, nantinya ditempatkan di kawasan bangunan seperti gereja, masjid, balai RW, maupun kelurahan. Sarana umum itu bakal dirawat dan mudah untuk dipantau," terangnya pada Rabu 16 Oktober 2019.

Soalnya, menurut Arcandra belajar dari pengalaman yang telah ia temui, penempatan lampu jalan di tempat-tempat sepi rentan rusak dan diambil oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

"Pengalaman kami, kalau lampu jalan ditempatkan di titik yang sepi penduduk akan cepat rusak ada yang diambil atau gimana, kan gak ada pengawasan," ucapnya.

Selain itu, ia juga menambahkan, jika dipasang di tempat umum lampu jalan nantinya bermanfaat meningkatkan produktivitas masyarakat.

"Kalau banyak orang yang beraktivitas di malam hari di sarana umum tersebut jadi lebih aman, karena ada lampu jalan tenaga surya tersebut," tuturnya.

Program pembagian lampu jalan tersebut merupakan bagian dari teknologi yang hemat energi dan ramah lingkungan yang sedang digalakkan Kementrian ESDM di berbagai daerah.

Selain itu, kata Arcandra lampu tenaga surya ini hemat energi lantaran tidak memerlukan listrik dari PLN. Tetapi energi hanya dari sinar matahari yang akan dikonversi menjadi cahaya di malam hari.

"Jadi ini akan bermanfaat juga kalau bisa dijaga dalam waktu yang lama. Soalnya APBD yang biasanya buat bayar listrik ke PLN bisa dialokasikan ke kebutuhan masyarakat lainnya," pungkasnya.

Selain Archandra Tahar, acara tersebut juga dihadiri oleh pula Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, dan Anggota Komisi VII DPR RI H.M. Ridwan Hisjam.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Jan 2021 12:50 WIB

Pemkot Malang Siapkan Dua Langkah Atasi Banjir

Jawa Timur

Penyebab banjir di Kota Malang karena penumpukan sampah dan sedimen.

05 Jan 2021 13:30 WIB

Pemkot Malang akan Atur Pelaksanaan 4 Tahapan Vaksinasi

Jawa Timur

Teknis operasional akan diatur pasca acara penyerahan simbolis vaksinasi.

31 Dec 2020 09:38 WIB

Terapkan Jam Malam, Pemkot Malang Berlakukan Sanksi

Jawa Timur

Mulai malam ini akan lakukan penindakan hukum.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...