Kemensos Beri Bantuan Modal Usaha 1.000 KK Di Kabupaten Pasuruan

Ngopibareng Pasuruan 13 April 2019 21:45 WIB

Tahun ini, Kementerian Sosial (Kemensos) akan memberikan bantuan modal usaha untuk 1.000 KK atau 100 kelompok usaha di Kabupaten Pasuruan. PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan Gunawan Wicaksono mengatakan, bantuan modal ini untuk mengembangkan usaha warga miskin, khususnya masyarakat penerima bantuan Bantuan Program Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Lumayan banyak, karena jumlahnya mencapai 1.000 KK atau terbagi 100 kelompok usaha. Untuk kelompok usaha sementara khusus di Grati dan Lekok,” terang Gunawan.

Menurutnya, bantuan modal usaha yang diberikan merupakan bagian dari program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Modal usaha yang diberikan lebih banyak dari usulan awal sebanyak 700 KK menjadi 1.000 KK. Per kelompok nantinya bisa mendapatkan kurang lebih Rp20 juta untuk modal usaha.

“Bantuan modal ini adalah salah satu cara agar penerima bantuan bisa memiliki usaha mandiri dan kedepan bisa terangkat dari kemiskinan sehingga jika maju tidak memerlukan bantuan dari pemerintah lagi,” terang Gunawan.

Pemberian bantuan ini, lanjut Gunawan, berdasarkan kelompok agar usaha yang dibentuk lebih kuat dan lebih dipercaya.  Para penerima BPNT atau PKH nantinya akan dibentuk 10 orang menjadi 1 kelompok dan membuat usaha bersama.

Sedangkan bantuan usaha sendiri sebelumnya pernah diberikan oleh Kemensos tahun 2017. Kala itu, ada 3 kelompok yang mendapatkan program usaha mandiri di mana masing-masing pihak mendapatkan bantuan modal sebesar Rp5 juta. Dari bantuan tersebut, kelompok usaha 'belanja' sesuai kebutuhan seperti membeli bahan baku kerang, benang rajutan, dan layang-layang.

“Tahun ini Pemkab tetap akan melihat potensi dan minat dari kelompok usaha sebagai modal usaha. Targetnya bulan Mei mendatang sudah ada pendampingan untuk pembentukan kelompok usaha dan pemberian modal usaha,” ujar Gunawan. (emil)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Sep 2020 21:18 WIB

Konsumsi Beras Plastik, Warga Bojongpicung Dipantau Kesehatannya

Nasional

Beras Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bercampur butiran plastik.

20 Sep 2020 21:35 WIB

Pulihkan Ekonomi, Khofifah Kucurkan Dana Rp28 Miliar

Jawa Timur

Kucuran dana untuk bantu ekonomi warga di tengah Covid-19.

14 Sep 2020 18:59 WIB

Kemensos Siapkan Rp30,9 Triliun untuk Korban Bencana

Nasional

Kementerian Sosial memberikan perlindungan bagi korban bencana.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...