Kemenpora Rencanakan Vaksinasi untuk Atlet Pelatnas Asian Games

Ngopibareng.id Lain-lain 07 March 2018 23:23 WIB

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memprogramkan pemberian vaksi influenza kepada para atlet yang mengikuti pemusatan pelatihan nasional jelang Asian Games 2018. Hal itu dilakuak dengan tujuan untuk menjaga kekebalan tubuh atlet selama berlatih.

"Vaksinasi influenza itu penting karena atlet tidak akan terkena flu dalam setahun. Flu akan menyebabkan kelelahan pada atlet," kata Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Mulyana di Jakarta, Rabu 7 Maret 2018.

Mulyana mengatakan atlet dan tim pelatnas Asian Games 2018 perlu mendapatkan sosialisasi vaksin influenza, menyusul pencegahan kandungan zat doping dalam vaksin itu.

"Kami akan bekerja sama dengan Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) di kantor Kemenpora untuk menyosialisasikan jenis obat yang mengandung doping," tutur Mulyana.

Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON) Kemenpora Edi Nurindra Susila mengatakan atlet-atlet nasional terancam serangan influenza menyusul kondisi cuaca, pola makan, dan sering bepergian ke negara-negara lain untuk mengikuti kejuaraan uji coba.

"Serangan flu yang ringan pun dapat mempengaruhi pretasi individu atlet dan dia dapat menjadi sumber penularan bagi atlet lain," ujar Edi.

Kemenpora, juga mengagendakan vaksinasi influenza bagi para atlet pelatnas Asian Games mulai April hingga Juli sebelum pertandingan Asian Games pada Agustus di Jakarta dan Palembang.

"Kami akan berkunjung ke masing-masing pelatnas cabang olahraga yang turun dalam Asian Games. Kami membidik atlet-atlet utama dan mengupayakan semua biaya gratis," kata Edi.

Kemenpora membidik 1.100 atlet utama pelatnas Asian Games dan Asian Para Games untuk mengikuti program vaksinasi influenza yang sedang menjalani pelatnas dan tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. (ant)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Oct 2020 22:30 WIB

Pandemi, AJI Sebut Sejumlah Perusahaan Media Rampas Hak Karyawan

Nasional

The jakarta Post, Tempo, Kumparan, hingga Jawa Pos.

26 Oct 2020 18:20 WIB

Jelang Cuti Bersama, Kasus Covid Indonesia Hampir Capai 400 Ribu

Reportase

Jumlah orang yang diperiksa merosot jauh.

26 Oct 2020 13:45 WIB

Pasien Sembuh Covid-19 Sebanyak 80,5 Persen

Rek, Ojok Angel Tuturane

DKI Jakarta masih menyumbang pasien sembuh tertinggi harian.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...