Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) mengedukasi penumpang yang masih banyak menggunakan masker scuba untuk memakai masker medicated atau berlapis. (Foto: Dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) mengedukasi penumpang yang masih banyak menggunakan masker scuba untuk memakai masker medicated atau berlapis. (Foto: Dok. Kemenhub)

Kemenhub Imbau Pengguna Transportasi Gunakan Masker dengan Benar

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 07 November 2020 15:15 WIB

Penambahan jumlah kasus positif baru corona, salah satu penyebabnya adalah masih kurang disiplinnya masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan 3M seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau seluruh masyarakat untuk taat protokol 3M ketika bepergian, baik memakai kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Di masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini banyak masyarakat yang sudah beraktivitas normal, termasuk berlibur dan pulang kampung.

Dalam beberapa tinjuan ke terminal, stasiun dan bandara, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi masih menemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker yang dianjurkan.

"Saya melihat protokol kesehatannya sudah bagi, tapi masih banyak yang pakai masker scuba. Karena masker itu tidak bagus, makanya kita berikan masker yang benar agar mereka ganti," kata Budi Karya beberapa waktu lalu saat meninjau di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Dalam setiap peninjauan ke lapangan, Kemenhub kerap membagikan masker kepada para penumpang, petugas, dan pegawai baik di stasiun, terminal maupun bandara.

Untuk mendukung penerapan protokol kesehatan, pemerintah juga telah menyediakan fasilitas seperti penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengaturan jarak tempat duduk, dan informasi terkait kewajiban memakai masker.

"Tersedianya fasilitas tersebut, diharapkan dapat menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi publik. Ketika fasilitas sudah lengkap, maka tinggal kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak dan selalu memakai masker," terang Budi Karya.

Konsisten mematuhi protokol kesehatan baik saat melakukan perjalanan jauh maupun dekat adalah kunci keselamatan kita.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jan 2021 23:45 WIB

Datangi Asrama Isolasi, Emil Apresiasi Pemkab Trenggalek

Jawa Timur

Menurut Emil, hal tersebut sangat berdampak positif.

23 Jan 2021 23:30 WIB

Akui Positif Covid, Warganet Puji Doni Monardo

Nasional

Tetap bobol meski sudah ketat protokol kesehatan

23 Jan 2021 23:05 WIB

Tiba di Sulbar, Bantuan Polda Jatim Segera Segera Didistribusikan

Jawa Timur

Bantuan itu berupa APD Covid-19, makanan, hingga keperluan bayi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...