Pengajian Bu Nyai kini harus sesuai protokol kesehatan. Foto ini, diambil sebelum terjadi Pandemi COVID-19 di Surabaya. (Foto: dok/Ngopibareng.id)

Kemenag: Majelis Taklim dan Pengajian Boleh Digelar, Asal...

Khazanah 06 June 2020 06:43 WIB

Aktivitas Shalat Jumat berjamaah di masjid-masjid mulai digelar di masa pandemi COVID-19, menyusul era New Normal. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Agus Salim menegaskan, selama mematuhi protokol kesehatan kegiatan keagamaan diperbolehkan, termasuk aktivitas majelis taklim atau pengajian secara langsung di masyarakat.

"Iya, boleh asalkan diperhatikan protokol kesehatan, jaga jarak, menggunakan masker seperti itu," kata Agus Salim, dalam keterangan Sabtu, 6 Juni 2020.

Menurut Agus, di daerah-daerah yang berdasarkan penetapan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sudah diumumkan sebagai daerah zona hijau sudah dapat melakukan kegiatan pengajian.

"Pengajian yang zona hijau sudah, tetapi tetap membatasi jarak," katanya.

Masjid-masjid di Surabaya, dan di Jawa Timur secara umum telah melakukan aktivitas Shalat Jumat, 5 Juni kemarin. Hal itu berlaku karena ada imbauan langsung dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Demikian pula DKI Jakarta dan sekitarnya telah membuka kembali pintu bagi jamaah untuk menggelar sholat Jumat. Sebagian besar masjid di Jakarta telah buka kembali, termasuk di Masjid An-Nahdlatuh PBNU.

"Saya dapat laporan sejumlah daerah sudah kembali melaksanakan sholat jumat, untuk sebagian besar di Jakarta sudah, Tangerang juga sudah dibuka. Namun tetap memperhatikan protokol Covid-19," kata Agus Salim.

Para pengurus masjid telah menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan jarak antara jamaah dengan memasang tanda. Selain itu, jamaah juga diminta menggunakan masker serta hand sanitizer ketika hendak berangkat ke masjid. Demikian kata Agus Salim.

"Sudah aktif ya, untuk seluruh Jakarta laporannya sebagian besar sudah berjalan," tuturnya.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Aug 2020 16:10 WIB

Arema Cari Pelatih Baru yang Bisa Tangani Tim sampai Musim Depan

Liga Indonesia

Manajemen sudah sodorkan nama pelatih baru ke jajaran direksi.

13 Aug 2020 16:00 WIB

Ini Prestasi 2 Politikus Penerima Bintang Mahaputera Nararya

Politik

Tak banyak yang mengungkap prestasi dua tokoh penerima bintang jasa ini.

13 Aug 2020 15:50 WIB

Tangis Haru Istri Mendiang Kepala Bappeda Jatim Raih Penghargaan

Jawa Timur

Mendiang Kepala Bappeda Jatim dapat penghargaan Jer Basuki Mawa Bea.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...