Ilustrasi buku nikah. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi buku nikah. (Foto: Istimewa)

Kemenag akan Buat Ensiklopedia KUA

Ngopibareng.id Nasional 17 October 2020 23:12 WIB

Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyusub Ensiklopedia Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan. Kemenag berharap, masyarakat bisa mendapatkan referensi yang akurat dari ensiklopedia KUA tersebut.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammad Fuad Nasar menyebut jika ensiklopedia ini akan berisi semua informasi mengenai KUA. Tak hanya tentang layanan KUA namun juga sejarah, istilah, hingga peran KUA.

"Pastikan penyusunan ensiklopedia KUA ini betul-betul akurat. Serta dapat dipertanggungjawabkan secara akademis dan ilmiah," ujarnya, Sabtu 17 Oktober 2020.

Penyusunan ensiklopedia ini juga tidak dilakukan sembarangan. Fuad mengatakan jika proses tersebut harus memperhatikan sejumlah hal.

Salah satunya mengenai unsur tata bahasa. Tata bahasa yang digunakan harus baik. Penyusunan ensiklopedia ini juga harus memenuhi unsur aktualitas.

Selain itu, penyusunan ensiklopedia juga harus melibatkan kontributor dan dewan redaksi, dibutuhkan juga pembaca ahli dan mitra bestari. Ia berharap ensiklopedia ini tak hanya dibaca pada masa tertentu.

"Ensiklopedia ini dimaksudkan bukan hanya untuk dibaca pada masa tertentu saja. Tapi juga sampai kapanpun dia harus menarik dan aktual untuk dibaca," tutur Fuad.

Lebih jauh, Fuad berbicara mengenai peran KUA. Selama ini, KUA banyak dipahami sebagai lembaga yang mencatat peristiwa nikah. Namun sebetulnya fungsi KUA bukan hanya itu saja.

Peran KUA cukup banyak dalam kehidupan masyarakat. KUA juga memberikan bimbingan perkawinan untuk ketahanan keluarga sebagai salah satu instrumen dari ketahanan nasional.

KUA memiliki tugas dan fungsi yang beragam sehingga adalah hal yang wajar jika akan dibuat satu ensiklopedia yang khusus berisi informasi tentang KUA dan segala ruang lingkupnya.

Adapun fungsi dan tugas yang dimaksud adalah memberikan bimbingan kemasjidan, zakat wakaf, hisab rukyat, bina paham keagamaan, sampai kepada pelaksanaan manasik haji.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Oct 2020 00:29 WIB

105 Orang Tewas Akibat Banjir di Vietnam

Internasional

Lima juga orang terdampak.

20 Oct 2020 23:48 WIB

Tak Ada Lagi Zona Merah, 50 Persen Daerah di Jatim Zona Kuning

Jawa Timur

Satgas Covid-19 mencatat 50 persen daerah di Jatim berada di Zona Kuning.

20 Oct 2020 23:30 WIB

Jateng Gelar UKM Virtual Expo

Nusantara

Pameran virtual digelar di tengah pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...