Muhammad Jufry Kasubdit Pasar Segmen Retail Dalam Negeri di hotel Wyndham Surabaya. (Foto:Pita/ngopibareng.id)

Kulineran Asyik, Bekraf Hadirkan Kreatifood Expo 2019

Surabaya 05 April 2019 15:16 WIB

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia mengadakan sosialiasasi Kreatifood pada tahun ini. Sebagai upaya mengembangkan ekosistem subsektor kuliner di Indonesia dengan memfasilitasi pelaku kreatif pada Kreatifood festival 2019.

"Ada tiga hal yang diproritaskan Bekraf yaitu, kuliner, fashion dan kerajinan. Karena ini memberikan kontribusi besar dan menyumbang 381 triliun rupiah untuk ekonomi Indonesia, kuliner sendiri telah memberi lapangan kerja untuk 8 juta masyarakat," ujar Muhammad Jufry. Kasubdit Pasar Segmen Retail Dalam Negeri di hotel Wyndham Surabaya, Jumat 5 April 2019.

Muhammad Jufry mengatakan, kreatifood ini merupakan hasil kolaborasi Bekraf melalui Deputi Pemasaran, khususnya Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri bekerja sama dengan Deputi Akses Permodalan dan Perkumpulan FoodStartup Indonesia, untuk mempromosikan produk-produk hasil kurasi dari kegiatan FoodStartup.

"Hanya saja untuk ke depannya nanti, harus dipertegas karena mengingat bukan hanya sekedar kuliner tapi juga harus memperhatikan kreativitas dalam kuliner tersebut," ungkap Jufry.

Jufry menambahkan, ajang ini diharapkan sebagai peluang memperluas pasar produk kreatif Indonesia di pasar domestik, hingga tercipta titik temu transaksi jual beli antara produsen dan konsumen.

“Ditopang juga dari kawan-kawan FoodLab dan FoodStartup untuk bertemu dengan reseller, produsen, investor dan lain sebagainya. Tahun 2018 kemarin, capaian Kreatifood berhasil sebanyak 900 juta dan dari bisnis ke bisnis sebesar 2 miliar,” jelas Jufri.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan ekosistem yang positif bagi perkembangan ekonomi kreatif yang tersinergi antara pemerintah, pelaku kreatif, investor, calon konsumen dan masyarakat.

“Sejauh ini, Kreatifood berhasil mempertemukan sebanyak 203 distributor," imbuhnya.

Tahun 2019 ini, Bekraf akan kembangkan sosialisasi di sepuluh kota. Untuk sosialisasi di Surabaya, nanti akan ada lagi di bulan Juli. Sebelum menuju Kreatifood Expo yang diselenggarakan di Ciputra World Mall Surabaya pada tanggal 5-7 Juli 2019.

"Tentunya Bekraf akan terus mengembangkan potensi dan membawa produk yang kami nilai baik ke luar negeri,” tutup Jufri. (pts)

Penulis : Pita Sari

Editor : Widi Kamidi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Oct 2019 23:48 WIB

Tantangan dan Peluang Musisi Lokal untuk Berkembang ke Nasional

Musik

Tantangan dan peluang musisi lokal di pasar nasional.

06 Sep 2019 11:31 WIB

Hadirkan Felix Siauw, Ini Klarifikasi Bekraf

Nasional

Indonesia International Book Fair jadi sorotan atas keterlibatan Felix Siauw.

12 Jul 2019 20:30 WIB

Kreatifood 2019 di Surabaya Targetkan Transaksi Rp1 Miliar

Ekonomi dan Bisnis

Kreatifood ingin jadi rujukan distributor dalam mencari pelaku usaha kuliner nusantara.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...