Kembali, Gempa Bermagnitudo 6,3 Guncang Jailolo Maluku Utara

24 Mar 2019 12:40 Timur Indonesia

Gempabumi tektonik kembali terjadi. Hingga pukul 12.00 Indonesia diguncang dua gempa berkekuatan di atas 5 SR.

Setelah gempa berkekuatan 5,7 mengguncang Poso, kali ini gempa bermagnitudo 6,3 mengguncang Jailolo, Maluku Utara. Gempa terasa hingga sampai Manado.

Informasi gempa bermagnitudo 6,3 Jailolo, Maluku Utara, disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Minggu, 24 Maret 2019. Gempa berkedalaman 10 km dan dilaporkan terjadi pukul 11.37 WIB. Gempa terasa hingga ke beberapa wilayah dengan intensitas beragam.

"Dirasakan (MMI) III Ternate, III Weda, III Jailolo, III-IV Manado, III-IV Tondano, III-IV Bitung, II-III Tahuna, II-III Siau, II-III Bolang," tulis BMKG.

Skala MMI II artinya getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

Dan skala IV MMI artinya gempa pada siang hari dirasakan banyak orang di dalam rumah, beberapa orang di luar dan bahkan bisa membuat gerabah pecah atau jendela dan pintu berderik hingga dinding rumah berbunyi.

Gempa terjadi di 139 km Barat Laut Jailolo, Malut. Belum ada laporan dampak dari gempa M 6,3 yang mengguncang Jailolo, Maluku Utara. "Tidak berpotensi tsunami," tulis akun twitter BMKG. (wit)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini