Kembali Erupsi, Gunung Agung Keluarkan Debu Hingga Ketinggian 12 Kilometer

12 Dec 2017 16:31 Nasional

Gunung Agung di Karangasem, Bali, kembali menyemburkan material abu vulkanik. Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), abu akibat letusan yang terjadi pada Selasa 12 Desember 2017 kali ini mencapai 12 kilometer dari puncak gunung.

Letusan kali ini terpantau pada pukul 11.15 Wita. Embusan abu ini terjadi seiring munculnya asap kelabu setinggi lebih kurang 1.500 meter. Angin yang berembus ke arah selatan menyebabkan hujan abu terjadi di wilayah-wilayah padat penduduk di sekitar Gunung Agung.

Berdasarkan pantauan petugas PVMBG di Desa Rendang Karangasem, pada pukul 06.00-12.00 Wita gempa permukaan gunung masih terdeteksi, baik gempa embusan, low frequency, maupun gempa vulkanik.

"Hujan abu sesungguhnya terjadi beberapa hari terakhir," kata Kasubid Mitigasi Wilayah Barat PVMBG Kristianto. Namun, arah angin sebelumnya ke barat laut dan utara, jauh dari permukiman padat, kali ini ke selatan.

Menurut dia, arah penyebaran abu sangat dipengaruhi arah angin dan berat material. Semakin kuat embusan angin, distribusi sebaran abu akan semakin jauh. (wah)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini