Bupati pasuruan menerima penghargaan Natamukti dari Menteri Koperasi dan UKM. (Foto: Dok Humas)
Bupati pasuruan menerima penghargaan Natamukti dari Menteri Koperasi dan UKM. (Foto: Dok Humas)

Kembali, Bupati Pasuruan Raih Penghargaan Natamukti Award

Ngopibareng.id Ngopibareng Pasuruan 18 September 2020 11:26 WIB

Pemerintah Kabupaten Pasuruan kembali meraih penghargaan Natamukti Nindya dari Menteri Koperasi dan UKM. Penghargaan ini sudah ketiga kalinya diterima Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf sebagai pembina UMKM terbaik.

Penghargaan tersebut merupakan inisiasi antara International Council for Small Busines (ICSB) Indonesia serta Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia. Tentunya sebagai bentuk apresiasi kepada kota dan kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UKM di daerah masing-masing, terutama di masa pandemi.

Bupati Pasuruan menyampaikan apresiasi sekaligus akan meningkatkan strategi pembinaan terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Pasuruan. Penghargaan tersebut dijadikan pelecut untuk semakin menjadikan kualitas UMKM lebih baik agar lebih berdaya saing.

"Saya sangat mengapresiasi penghargaan Natamukti yang telah diberikan untuk ketiga kalinya ini. Tentunya akan kami jadikan sebagai spirit untuk terus meningkatkan kualitas pembinaan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Pasuruan. Sehingga, ke depannya bisa lebih tangguh di tengah pandemi sekaligus mewujudkan ketahanan pangan," katanya, kemarin.

Natamukti Nindya merupakan penghargaan tertinggi di bidang UMKM. Penentuan penghargaan ini didasarkan pada tiga kritria, yaitu komersialisasi pasar, inovasi produk, dan proses operasional terkait merk.

Semuanya disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini, sehingga masing-masing pemerintah daerah dinilai dari sisi bagaimana strateginya dalam mendorong promosi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), meski masih dalam kondisi krisis.

Termasuk upaya mendorong edukasi kewirausahaan kepada masyarakat dan seberapa banyak regulasi yang dihasilkan agar tercipta ekosistem UMKM yang bisa cepat pulih di masa pandemi.

Dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyatakan bahwa masyarakat berperan penting dalam memajukan ekonomi lewat UMKM. Sehingga harus didukung penuh oleh pemerintah daerah di seluruh tanah air.

"Ekonomi kita akan tumbuh dari tingkat konsumsi jika UMKM-nya berkembang. Caranya, belilah produk UMKM baik itu teman, tetangga, agar roda perekonomian berputar dari sektor UMKM di masa pandemi ini. Apalagi pasar dalam negeri kita besar karena populasinya," katanya.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Oct 2020 00:21 WIB

Desa Digital di Tulungagung, Kentongan pun Diganti Aplikasi

Jawa Timur

Panic button kentongan ada di aplikasi Android.

29 Oct 2020 23:35 WIB

Diterpa Gelombang Kedua, Negara di Eropa Lockdown Lagi

Internasional

Jerman dan Prancis terapkan lockdown lagi.

29 Oct 2020 22:45 WIB

Soal Boikot Produk, MUI Minta Menlu Panggil Dubes Prancis

Nasional

Meminta agar ada konfirmasi dari Dubes Prancis.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...