Episentrum Corona. (Ilustrasi: Dok/Ngopibareng.id)

Kemarin, Surabaya Raya Episentrum Corona dan 3 Dokter Sembuh

Jawa Timur 16 April 2020 06:25 WIB

Peristiwa pandemi Corona di Jawa Timur masih mewarnai pemberitaan Ngopibareng.id sepanjang Rabu, 16 April 2020. Dua peristiwa di antaranya adalah Gubernur Jawa Timur menyebut kawasan Surabaya Raya Episentrum Corona serta tiga tenaga medis di Malang dinyatakan sembuh dari Corona.

Surabaya Raya Episentrum Corona

Angka sebaran virus corona melonjak. Diketahui, pasien positif Covid-19 di Kota Surabaya sebanyak 228 orang, Kabupaten Sidoarjo 45 orang, Lamongan 25 orang dan Kabupaten Gresik 18 orang.

Cemas dengan kondisi tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta daerah-daerah tersebut untuk lebih serius lagi dalam menghentikan mata rantai sebaran Covid-19.

Daerah-daerah yang dijuluki Surabaya Raya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut, menurut data persebaran covid-19 hingga Selasa 14 April 2020, merupakan episentrum persebaran Covid-19 di Jatim. Total, ada 316 orang dari Surabaya Raya yang positif covid-19.

Khofifah mengatakan, pihaknya saat ini sedang menanti seperti apa langkah-langkah nyata dari Surabaya Raya. "Kita butuh detail langkah pencegahan dan penghentian penularan Covid-19 secara terukur dari Surabaya Raya. Kita menunggu langkah-langkah terukur dari Surabaya Raya. Surabaya seperti apa, Sidoarjo seperti apa, dan lainnya," kata Khofifah.

Menurut Khofifah, saat ini pihaknya sudah mendapatkan informasi bahwa Surabaya Raya sedang melakukan konsolidasi gugus tugas penanganan Covid-19 dengan Sekdaprov Jawa Timur. Mereka sudah menggelar pertemuan antar Sekda.

"Saat ini kita tunggu, mudah-mudahan malam ini atau besok sudah bisa dapat updatenya. Kita minta harus melakukan ikhtiar secara sifnifikan dan terukur untuk bisa menghentikan proses penyebaran covid-19," tutur Khofifah.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjoni mengatakan, saat ini belum ada kabupaten/kota yang mengajukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya. Namun, dia masih melakukan koordinasi dengan Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo, dan Pemkab Gresik terkait langkah mereka selanjutnya.

"Jadi, ini sedang kami koordinasikan kemungkinan-kemungkinan akan dilakukan PSBB dan lainnya. Tapi saat ini belum. Namun, hal-hal yang sifatnya seperti PSBB yakni pembatasan dan lainnya kan sudah dilakukan di Kota dan Kabupaten tersebut,” kata Heru.

Tiga Tenaga Medis Positif Corona Sembuh

Tiga pasien positif Covid-19 yang merupakan tenaga kesehatan rumah sakit rujukan di Kota Malang dinyatakan sembuh.

Jubir Satgas Covid-19 Pemkot Malang, dr Husnul Mu'arif, mengatakan tiga tenaga kesehatan itu menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan positif corona. Hal ini karena tiga tenaga kesehatan itu masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kami kemarin diinformasikan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya dinyatakan sembuh," katanya, Rabu 15 April 2020.

Meski dinyatakan negatif, Husnul menerangkan ketiga pasien tersebut masih tetap menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Selama isolasi mandiri tetap dalam pantauan rumah sakit dan Dinas Kesehatan Kota Malang," ujarnya.

Selama menjalani isolasi mandiri, pihak rumah sakit tempat mereka bertugas akan terus melakukan evaluasi secara medis terkait perkembangan kondisi kesehatan pasien.

"Evaluasi tergantung pihak rumah sakit nanti seperti apa, hingga ketiga pasien tersebut dinyatakan boleh bertugas lagi," katanya.

Sementara, Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto meminta agar masyarakat Kota Malang tetap disiplin menerapkan physical distancing.

"Disiplin untuk physical distancing, disiplin untuk cuci tangan, pakai masker dan juga disiplin mengisolasi diri, serta apresiasi kepada para petugas pendamping yang terus melakukan monitoring," katanya.

Dengan sembuhnya tiga pasien ini, maka masih tersisa dua pasien dari total jumlah 8 orang.

Rinciannya, satu pasien dirawat di Rumah Sakit Panti Waluyo dan satu lagi menjalani isolasi mandiri karena masuk dalam kategori OTG.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 16:51 WIB

Main Hati ala Edhie Natallis di Sepeda Klasik dan Kopi

Gowes Bareng

Memiliki sepeda klasik merek Eropa sudah menjadi obsesi sejak kecil.

14 Aug 2020 16:50 WIB

2.307 Kasus Covid-19 Baru, Jakarta dan Jatim Konsisten Memimpin

Reportase

Jakarta sumbang kasus terbanyak, Jawa Timur laporkan kematian terbanyak.

14 Aug 2020 16:47 WIB

2.117 Peserta dari 31 Pendaftar Lolos SBMPTN Unair

Pendidikan

Mayoritas berasal dari Jawa Timur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...