Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri) menyambut kedatangan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ketiga kanan) di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin, 9 Maret 2020. (Foto: Antara/Reno Esnir)

Kemarin, Safari Paloh Dikritik dan Cuti Bersama Tambah 4 Hari

Nasional 10 March 2020 07:20 WIB

Beragam peristiwa mewarnai pemberitaan Ngopobareng.id sepanjang Senin, 9 Maret 2020. Dua di antaranya safari Surya Paloh yang diikuti empat menteri menuai kritik serta cuti bersama 2020 bertambah 4 hari.

Safari Paloh Dikritik

Safari politik yang digelar Ketua Partai NasDem Surya Paloh ke kantor DPP Partai Golkar menulai banyak kritik. Apalagi dalam pertemuan kali ini melibatkan sejumlah menteri aktif.

Pantauan di lapangan, Surya Paloh datang didampingi Sekjen NasDem sekaligus Menkominfo Johnny G Plate. Paloh dan Plate datang sekitar pukul 11.11 WIB, Senin, 9 Maret 2020.

Kedatangan Paloh dan rombongan ini langsung disambut Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang notabene juga menjabat Menko Perekonomian.

Tak hanya itu, Menteri Perindustrian yang juga Wakil Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang juga turut hadir menyambut kedatangan Paloh.

"Satu yang kami harapkan adalah komunikasi batin. Silaturahmi batin di antara kita harus lebih baik, dekat dan ini merupakan modal kita bersama," kata Paloh.

Sementara itu, kedatangan sejumlah menteri di acara parpol ini menuai kritik. Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz mengatakan Presiden Joko Widodo harus bertanggungjawab karena tidak konsistennya melarang rangkap jabatan di kabinet.

"Ini persoalannya karena menteri kabinet melakukan safari politik di jam kerja kantor. Ini karena tidak konsisten di satu sisi menjadi menteri di satu sisi harus mengurus partai politik," ujar Donal seperti dikutip dari Detik.com.

"Ini sudah sering kita ingatkan kepada Presiden Jokowi agar peran ganda itu tidak dijalankan, sayangnya Jokowi pada kabinet jilid 2 ini tidak konsisten untuk menerapkan larangan rangkap jabatan di pemerintah menjadi pengurus partai politik," ujar Donal.

Cuti Bersama Tambah 4 Hari

Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memimpin rapat koordinasi tingkat menteri untuk membahas evaluasi libur nasional dan cuti bersama 2020.

"Rapat antar tingkat menteri pada pagi ini membahas tentang rencana evaluasi atau meninjau SKB tiga menteri tentang hari libur dan cuti bersama," kata dia di Jakarta, Senin, 9 Maret 2020.

Pada kesempatan itu tampak hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Hasilnya, menurut bocoran ada tambahan satu Hari Libur Nasional dan tiga hari Cuti Bersama. Hari Libur Nasional bertambah di tanggal 30 Oktober. Semula libur Maulid Nabi hanya di tanggal 29 Oktober 2020, namun kini bertambah satu hari.

Sementara 3 hari Cuti Bersama bertambah di tanggal 28, 29 Mei dan 21 Agustus. Dua hari di bulan Mei menjadi tambahan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Satu hari tambahan Cuti Bersama lagi ditetapkan di tanggal 21 Agustus untuk melengkapi libur Tahun Baru Hijriah.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 18:49 WIB

KPK Buka Lowongan untuk Jadi Juru Bicara

Nasional

Terbuka untuk ASN maupun non ASN.

08 Aug 2020 18:45 WIB

Kereta Wijayakusuma Rute Banyuwangi-Cilacap Beri Diskon 75 Persen

Perhubungan

Promo berlaku untuk keberangkatan 6 hingga 31 Agustus 2020.

08 Aug 2020 18:30 WIB

Santer Disebut, Eri Cahyadi Tak Pernah Daftar di DPC PDIP

Pilkada

Awi pastikan nama Eri tak daftar Pilwali di DPC PDIP Surabaya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...