(Foto: Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Kemarin, Pengetatan Kembali Surabaya dan Update Corona Malang

Jawa Timur 04 July 2020 09:12 WIB

Dua peristiwa pandemi Corona yang tercover pemberitaan Ngopibareng.id kemarin. Surabaya kembali terapkan Physical Distancing dan tingkat kesembuhan Corona di Malang mulai meningkat.

Surabaya Raya Kembali Terapkan Physical Distancing

Tiga wilayah di kawasan Surabaya Raya yakni Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik mulai menerapkan kembali kawasan physical distancing di beberapa ruas jalan utama yang menjadi titik keramaian.

Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansah menyampaikan, penerapan ulang kawasan physical distancing ini merupakan kesepakatan ketiga daerah dalam rangka penanganan virus corona atau Covid-19.

Hal itu, kata dia, dikarenakan masih banyak warga yang tidak disiplin dalam penerapan protokol kesehatan sesudah pencabutan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 9 Juni 2020 lalu.

Ia melihat, usai pencabutan PSBB masyarakat sudah merasa bebas seakan tak takut dengan penyebaran virus yang masih terus terjadi. Contohnya banyak warga yang nongkrong tanpa menerapkan protokol kesehatan.

"Tentu ini untuk mengurangi mobilisasi masyarakat yang selama ini melakukan kegiatan yang tidak pada tempatnya seperti sepedaan dengan begitu banyak masa, kemudian tidak disiplin protokol kesehatan. Kalau emang niat olahraga kan ada hari-hari atau waktu tertentu dilakukan bukan pada malam hari," kata Widodo usai melakukan pemantauan di Jalan Raya Darmo, Surabaya Jumat 3 Juli 2020 malam.

Tidak disiplinnya warga dalam penerapan protokol kesehatan, menyebabkan jumlah kasus konfirmasi positif di Surabaya Raya kian meningkat.

"Ini dilakukan serentak di tiga daerah, mulai jam 21.00 WIB-04.00 WIB. Kemudian, hari Sabtu dan Minggu akan berlangsung dari jam 21.00 WIB-12.00 WIB biar gak ada car free day," ungkapnya.

Ia mengatakan, upaya ini diharapkan dapat membuat warga untuk bisa sadar akan bahaya virus yang masih saja bisa meningkat penambahannya, dan mau disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dengan itu diharapkan, kasus bisa segera turun dan bisa menjawab tantangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo agar kasus di Surabaya Raya dalat ditekan dalam dua minggu sejak kedatangannya ke Jawa Timur, Kamis 25 Juni 2020 lalu.

Tingkat Kesembuhan di Malang Meningkat

Kesembuhan pasien covid-19 di Kota Malang mengalami trend peningkatan. Mulai 30 Juni 2020 sampai 2 Juli 2020 ada 7 pasien yang sembuh dalam 3 hari berturut-turut.

Pada 2 Juli 2020, terdata ada 3 pasien yang sembuh dari Covid-19. Dua diantaranya tenaga kesehatan.

"Dua pasien yang sembuh ini merupakan nakes dan seorang lagi warga biasa yang berdomisili di Kecamatan Lowokwaru," kata Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto, Jumat 3 Juli 2020.

Pemkot Malang juga memberikan obat-obatan herbal serta suplemen bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 23:26 WIB

Tegal Diminta Lebih Serius Tangani Pandemi

Nusantara

Ganjar minta pemerintah Tegal lebih serius.

07 Aug 2020 23:15 WIB

10 Hari Lagi Rumput Standar FIFA untuk GBT Datang

Surabaya

Pemkot Surabaya sedang mempercepat pengerjaan renovasi GBT

07 Aug 2020 23:05 WIB

Dilarang Dangdutan di Kampanye Terbuka Pilkada 2020

Nasional

Peserta Pilkada 2020 terancam didiskualifikasi jika melanggar aturan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...