Virus Corona. (Foto: Ist/Ngopibareng.id)
Virus Corona. (Foto: Ist/Ngopibareng.id)

Kemarin, Covid Kaum Elit Meningkat dan Movil Via Valen Dibakar

Ngopibareng.id Jawa Timur 01 July 2020 08:12 WIB

Beragam peristiwa mewarnai pemberitaan Ngopibareng.id sepanjang Selasa 30 Juni 2020. Dua peristiwa di antaranya jumlah penderita Corona kaum elit meningkat dan mobil Via Vallen dibakar orang.

Covid Kaum Elit Meningkat
Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengklaim, saat ini penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kota Pahlawan justru banyak terjadi di perumahan mewah. Hal ini diketahui setelah dilakukan tracing. Hasilnya, pasien positif corona ternyata memiliki riwayat bepergian ke luar negeri.

"Saat ini kenaikan rata-rata di kalangan menegah ke atas, tinggal di kawasan perumahan menengah ke atas, mungkin ada yang perjalan keluar negeri karena kemarin kita cocokan riwayatnya ada yang keluar negeri," kata Risma saat penyerahan alat pelindung diri (APD) di FK Unair, pada Selasa 30 Juni 2020.

Menurut Risma, kenaikan kasus Covid-19 di perumahan mewah ini sangat signifikan. Bahkan angkanya sudah mendekati 100 persen. Hal ini pun berbalik dengan kasus di perkampungan yang mulai melandai.

"Yang naik hampir 90 persen dari menegah atas. Sebaliknya, yang di kampung-kampung mulai landai angkanya, beberapa hari ini tidak terjadi penambahan," ujarnya.

Kini, Pemkot Surabaya tengah menelusuri pekerjaan dari pasien Covid-19 yang berasal dari kalangan menengah ke atas itu. Pekerjaan rumah ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tempat kerja.

Sebelumnya, Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, temuan kasus Covid-19 di perumahan mewah ini menjadi langkah yang dilakukan Pemkot Surabaya menggandeng di tingkat kecamatan. Pemkot langusung memberikan surat kepada pemilik rumah untuk melakukan isolasi mandiri.

"Pemkot juga merayu orang tersebut untuk masuk ke Asrama Haji, karena kita tidak tahu kondisi di dalam bisa melajukan isolasi mandiri atau tidak," kata Febri kepada wartawan.

Selama ini di perkampungan terdapat kampung tangguh, rupanya hal itu juga berlaku untuk perumahan mewah. Febri mengatakan, konsep kampung tangguh yang ada di perkampungan juga aktif di perumahan mewah.

"Kampung tangguh ada di perumahan, aktif saat ini, tapi untuk yang benar-benar warganya terjun langsung belum ada. Langkah yang dilakukan pemkot ialah memberikan surat langsung ke rumah yang bersangkutan untuk bisa isolasi ke Asrama Haji atau isolasi mandiri," tutupnya.

Mobil Via Vallen Dibakar
Aparat kepolisian Polresta Sidoarjo dengan cepat berhasil menangkap satu orang terduga pembakar mobil artis Maulidiyah Oktavia alias Via Vallen di Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Dari penangkapan tersebut, polisi menduga jika pelaku memiliki gangguan jiwa.

Hal itu disampaikan oleh Kapolresta Sidoarjo, Komisaris Besar Polisi Sumardji ketika ditemui di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa 30 Juni 2020 siang. Menurut Sumardji, terduga saat diperiksa sering melantur dan terlihat tak cakap. Kepolisian menunggu kondisi terduga hingga lebih tenang untuk melanjutkan pemeriksaan.

“Orangnya ini pura-pura bego atau gila, tidak tahu ya.Ngomongnya ngelantur. Sementara ini diamankan dulu, kami lihat perkembangannya. Setelah dia tenang akan kami periksa,” aku Kapolresta Sidoarjo, Komisaris Besar Polisi Sumardji ketika ditemui di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa 30 Juni 2020 siang.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap pelaku. Upaya ini akan melibatkan pakar tentang gangguan kejiwaan, sehingga diperoleh hasil yang kredibel.

Sementara itu, ia menyampaikan, penangkapan pelaku dilakukan setelah aparat melihat tayangan CCTV dari rumah Via Vallen. Berdasar gestur dan pakaian yang digunakan, akhirnya terduga tersebut ditangkap di lokasi yang tak jauh TKP.

Bersama pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang diduga digunakan dalam peristiwa tersebut. Polisi juga menyita sejumlah barang yang diduga berkaitan dengan ritual tertentu, di antaranya potongan bambu kuning.

“Ada botol aqua yang masih tercium bau besin dan satu korek api. Di samping itu kami juga mengamankan tas dan berisi bukti BCA, ada jenglot-jenglot kayak perdukunan gitulah. Termasuk ada kayak bambu kuning yang dipotong sekian centimeter di tas terduga,” ungkapnya.

Sebelumnya, biduan dangdut itu mengabarkan peristiwa mobilnya terbakar lewat akun Instagramnya, @viavallen. Dalam Instastorynya, Via mengunggah kondisi ketika mobil Toyota Alphard warna putih miliknya mulai dilalap api. Akibatnya, kebakaran yang terjadi di samping rumahnya, di Sidoarjo itu, membuat mobilnya hangus terbakar, menyisakan kerangka hingga interior di bagian dalam. 

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 23:45 WIB

Ikut Jejak Irfan Jaya, Muhammad Hidayat Tinggalkan Persebaya

Liga Indonesia

Kini Persebaya hanya sisakan satu gelandang bertahan.

28 Feb 2021 23:32 WIB

Longsor di Lumajang Timbun 13 Rumah, Puluhan Hewan Ternak Hilang

Jawa Timur

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

28 Feb 2021 23:16 WIB

Khofifah akan Hadiri Sertijab 14 Bupati/Walikota di Jatim

Jawa Timur

Mulai besok, Khofifah secara marathon akan hadiri sertijab 14 kepala daerah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...