Kemarin, Bajol Ijo Lumat Sapeh Kerap dan Bali United Juara Liga

03 Dec 2019 06:59 Liga Indonesia

Kemenangan Persebaya dan status juara liga I Bali United mewarnai peristiwa yang tersaji di ngopibareng.id, Senin, 2 Desember 2019.

Persebaya Lumat Madura United

Tren positif Persabaya di tangan Aji Santoso masih berlanjut. Mereka mampu memetik tiga poin saat bersua dengan Madura United pada lanjutan kompetisi Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bangkalan dengan skor 3-2.

Di menit pertama, Madura langsung memberikan tekanan melalui Andik Rendika Rama, namun sepakan pemain asal Gresik itu masih melambung tinggi di atas mistar.

Madura kembali menekan dari sisi kanan melalui David Laly di menit ketujuh. Sayang umpan silang dengan maksud kepada Aleksandar Rakic masih belum tepat sasaran.

Peluang bagus didapatkan Persebaya setelah Rendi Irwan dijatuhkan Rama di menit ke-11. Beruntung di Madura masih ada Muhammad Rido yang mampu melakukan blok terhadap tembakan keras yang dilepaskan Diogo Campos.

Persebaya membuka skor lewat sepakan David Da Silva di menit ke-16.  Beberapa peluang kemudian sempat didapatkan kedua tim. Tetapi belum juga ada yang mampu menjadi gol. Laga diakhiri dengan skor 1-0 untuk Persebaya.

Madura United menyamakan kedudukan setelah umpan dikirimkan oleh Assis menuju ke kotak penalti di menit ke-53. Di sana sudah menunggu Rakic yang menjatuhkan diri untuk membelokkan bola terobosan.

Madura United akhirnya unggul melalui Beto Goncalves di menit ke-60. Namun, petaka didapatkan Madura di menit ke-81 setelah Greg Nwokolo yang baru masuk di babak kedua diberi kartu merah. Kartu ini diakibatkan karena Greg memprotes keras kartu kuning yang diberikan kepadanya hingga ada tandukan kepada wasit.

Dua menit setelah Greg keluar, Persebaya menyamakan kedudukan. David Da Silva memasukkan bola liar ke gawang.

Persebaya kembali mendapatkan peluang matang di menit ke-86. Irfan Jaya akhirnya membawa Persebaya unggul, dirinya lolos dari jebakan offside usai menerima umpan terobosan dari Rendi.

Di menit akhir, Madura sempat mendapatkan peluang dari sundulan Rakic. Hanya saja, Miswar mampu menggagalkan peluang itu. Wasit mengakhiri pertandingan dengan skor 3-2 untuk Persebaya.

Kemenangan ini membuat Persebaya naik ke peringkat ketujuh menggeser Bhayangkara dan Persib Bandung dengan poin 42. Sementara, Madura masih tertahan di peringkat keempat dengan poin 44.

Bali United Juara Liga I

Bali United dipastikan menjadi juara Liga 1 Indonesia 2019 usai mengalahkan tuan rumah Semen Padang dua gol tanpa balas.

Bertanding di Stadion Haji Agus Salim, Padang, pada pekan ke-30 lanjuta Liga 1, Bali sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk menjadi kampiun Liga 1. Sementara Semen Padang butuh kemenangan untuk keluar dari zona degradasi.

Di babak pertama, Bali mendominasi jalannya laga, namun solidnya lini pertahanan Semen Padang membuat usaha Bali tidak membuahkan hasil.

Tuan rumah sendiri bermain bertahan dan sesekali melalukan serangan balik. Skor kacamata menutup jalannya laga di babak pertama.

Di babak kedua, Bali memecah kebuntuan di menit ke-51 melalui Ilija Spasojevic. Tandukan Yabes Roni diteruskan oleh Spaso di depan gawang Semen Padang. Bali unggul 1-0.

Bali menambah keunggulan lima menit jelang laga buyar. Spaso kembali mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan umpan matang Paolo Sergio.

Skor 2-0 menjadi hasil akhir laga. Bali kini meraih 63 poin dari 30 laga unggul 17 poin dari Borneo FC yang ada di posisi kedua dengan 46 poin.

Dengan sisa empat laga, Bali sudah tidak mungkin dikejar oleh tim lain di Liga 1 2019. Torehan ini menjadi penebus Bali yang nyaris juara dua tahun lalu, namun pada akhirnya Bhayangkara yang menjadi juara.

Selain itu, bagi pelatih Bali, Stefano Teco Cugurra, gelar ini menjadi yang kedua berturut-turut baginya. Musim lalu saat menangani Persija, Teco juga berhasil membawa Macan Kemayoran merengkuh gelar Liga 1 2018.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini