Muslim Gambia melaporkan Myanmar atas kekerasan Rohingya pada ICJ. (Ilustrasi bendera Myanmar)

Kekerasan Rohingya, Muslim Gambia Laporkan Myanmar

Internasional 26 May 2020 01:20 WIB

Kekerasan yang dialami Muslim Rohingya di Myanmar banyak disebut sejumlah pihak sebagai upaya genosida. Komunitas Muslim dari luar negeri pun intervensi dalam kasus tersebut. Yang terakhir adalah langkah Muslim Gambia menggugat Myanmar di Pengadikan Internasional (ICJ) di Den Haag, November tahun lalu. Dampaknya Myanmar harus menyerahkan laporan berkala pada ICJ.

Sebelum mengeluarkan putusan akhir, ICJ meminta Myanmar melaporkan setiap bukti kekerasan dan tindakan pencegahannya. Laporan pertama telah diserahkan Myanmar pada ICJ, Minggu 24 Mei 2020. Myanmar wajib memperbarui laporannya setiap enam bulan sekali.

Namun, pemerintahan Myanmar enggan menjelaskan detil laporan tersebut. Menteri Luar Negeri menolak memberikan konfirmasi pada Reuters, dikutip Senin, 25 Mei 2020. ICJ juga belum memberikan konfirmasi terkait ini.

Selama dua bulan terakhir, Myanmar telah mengeluarkan perintah yang melarang personel pemerintahan untuk melakukan genosida atau menghancurkan bukti kekerasan, dan serta untuk menghentikan ujaran kebencian.

Sebelumnya, kekerasan yang dialami oleh Muslim Rohingya telah berlansung lama, menyebabkan banyak korban meninggal dan sedikitnya 730 ribu warganya terusir. Kekerasan terhadap etnis Rohingya menjadi perhatian dunia internasional. Bahkan Indonesia juga sempat terlibat dalam mediasi konflik Rohingya dengan pemerintah Myanmar.

ICJ adalah pengadilan yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pengadilan ini menyelesaikan sengketa antar negra, setya memberikan poini terkait isu internasional yang dimandatkan oleh PBB. Putusannya menjadi sumber dari hukum internasional.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 12:25 WIB

Sinopsis The Last Witch Hunter: Satria Terakhir Pemburu Penyihir

Film

Film The Last Witch Hunter tentang kisah pemburu penyihir.

11 Jul 2020 12:10 WIB

Hagia Sophia Berubah Jadi Masjid, Pemimpin Dunia Resah

Internasional

Hagia Sophia berubah menjadi masjid.

11 Jul 2020 11:45 WIB

Logo Partai Gerindra Diganti Lobster, Ini Kata Susi Pudjiastuti

Nasional

Logo Partai Gerindra gambar kepala burung garuda diganti menjadi lobster.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...