Ilustrasi Kejuaraan Angkat Besi Junior di Rumania. (Foto:AFP)

Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior di Rumania Dibatalkan

Lain-lain 03 March 2020 12:16 WIB

Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior 2020 di Rumania dibatalkan akibat meluasnya COVIC-19. Dampanya, lifter Indonesia batal mengikuti kejuaraan junior itu yang dijadwalkan berlangsung pada 14-21 Maret di Bucharest, Rumania.

"Hari ini saya dapat telepon dari IWF atau Federasi Angkat Besi Internasional bahwa untuk kejuaraan Asia yang rencana kita kirim lima atlet junior ke Rumania itu batal," ujar Wakil Ketua Umum PB PABBSI Djoko Pramono di Jakarta, Senin.

Pembatalan itu, menurut Djoko, berdampak merugikan sebab kejuaraan tersebut menjadi salah satu ajang dan momentum bagus bagi para lifter junior untuk mengumpulkan poin menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

"Jadi saya merasa sedih karena performa anak-anak sedang bagus sekali. Ini sebenarnya momentum buat kita ke Olimpiade," katanya.

IWF pada Sabtu 29 Februari lalu mengumumkan bahwa Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior 2020 di Rumania harus dibatalkan atas permintaan otoritas setempat serta Presiden Federasi Angkat Besi Rumania Nicu Vlad.

Pembatalan tersebut dilakukan sebagai langkah preventif otoritas setempat akan kekhawatiran penyebaran virus corona yang semakin meluas.

"Kami telah menyimpulkan berdasarkan diskusi dengan Presiden Federasi Angkat Besi Rumania Nicu Vlad, Dewan Eksekutif IWF menerima keputusan pembatalan Kejuaraan Dunia Junior 2020 di Bucharest, Rumania," demikian pernyataan IWF.

Selain Kejuaraan Dunia Junior 2020, virus corona juga telah membuat perhelatan Kejuaraan Asia yang dijadwalkan digelar pada 16-25 April di Kazakhstan harus direlokasi menuju Tashkent, Uzbekistan.

Dengan waktu dua bulan tersisa hingga akhir periode kualifikasi Olimpiade pada 30 April, masih terdapat kemungkinan akan ada pembatalan dan penundaan pada kejuaraan selanjutnya. (ant)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 02:45 WIB

Nyai Nur Ismah, di Antara Perempuan-Perempuan Penjaga Al-Quran

Khazanah

Putri ulama lengedaris KH Abdullah Salam dari Kajen Pati

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...