ORANGTUA: Seorang ibu yang mengajarkan ilmu agama sejak dini. (foto: dok ngopibareng.id)

Keistimewaan Menyayangi Kedua Orangtua Kita, Ini Dawuh Ulama Pesantren

18 Jun 2018 08:09

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

"Kalau kedua orang tua sudah meninggal dunia, maka cara berbakti kepada mereka adalah didoakan setiap selesai Shalat Fardhu."

 

Syaikh Nawawi Al-Bantani, guru para kiai dan ulama pesantren, memberikan pesan kebaikan. Betapa istimewanya seorang anak menyayangi kedua orangtuanya. Berikut beberapa khazanah kitab yang dirujuk para ulama pesantren.

بسم الله الرحمن الرحيم

قال ابن عباس مامن رجل ينظر الى وجه والديه نظرة رحمة الا كتب الله له بها حجة مقبولة مبرورة (ارشاد العباد ٧٩٥)

Ibnu Abbas ra. telah berkata :

Tidaklah dari seseorang yang memandang wajah kedua orang tuanya dengan pandangan kasih sayang, kecuali Allah telah menulis untuknya pahala ibadah haji maqbul dan mabrur.

(Kitab Irsyadul Ibad, hal :  795 )

Kalau kedua orang tua  sudah meninggal dunia, maka cara berbakti kepada mereka adalah didoakan setiap selesai Shalat fardhu.

 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : مامن عبد صلى الفريضة ودعا لوالديه بالمغفرة الاستجاب الله دعائه وغفر له ببركة دعائه لهما ولو كانا فاسقين. (تنقيح القول ٤٩)

Rasulullah Saw. telah bersabda :

“Tidaklah dari seseorang yang mengerjakan Sholat fardu dan berdoa untuk memohonkan ampun kepada kedua orang tuanya, kecuali Allah mengabulkan do'anya, dan Allah telah  mengampuninya berkat do'anya kepada kedua orang tuanya tersebut  meskipun kedua orang tuanya termasuk orang fasiq atau suka berbuat dosa.”

(Kitab Tankihul Qaul, hal :  49 )

Mumpung masih dalam suasana lebaran jangan lupa bersilaturrahim kepada kedua orang tua kita, kalau masih ada, kalau sudah tiada jangan lupa untuk mendo'akannya setiap ba'dah Sholat fardu.

Kalau anak-anak kita nanti ingin menghormati dan  berbakti kepada kita, maka kita juga harus menghormati dan berbakti kepada kedua orang tua kita.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ايضا : بروا اباءكم تبركم ابناءكم وعفوا تعف نساءكم (تنقيح القول ٤٨)

Rasulullah Saw. juga telah bersabda :

“Berbaktilah kepada ayah dan ibu kalian, maka anak-anak kalian akan berbakti kepada kalian, dan ma'afkan mereka, maka istri-istri kalian akan dimaafkan.”

Semoga kita dan anak cucu kita termasuk orang-orang yang sholeh yang berbakti kepada kedua orang tua, ahli ilmu, ahli ibadah, ahli kebaikan dan juga Ahli Surga.

Amin Ya Mujibassailin......!!!

(Kitab Tankihul Qaul, hal : 48 )

Semoga bermanfaat. (adi)