Masjid Nabawiyah di Madinah al-Munawarah. (Foto: Istimewa)

Keindahan Bahasa, Ini 5 Khutbah Nabi pada Bulan Ramadhan

Khazanah 17 May 2020 17:11 WIB

Bulan Ramadhan bulan suci bagi kaum beriman. Pada bulan kemuliaan ini, Rasulullah Muhammad Shallallahu a'laihi wassalam (S.a.w.) berkesempatan menyampaikan khutbah, yang sangat indah penuturan bahasannya.

Berikut lima Khutbah Nabi Muhammad S.a.w:

Khutbah Nabi di Bulan Ramadan (1)

Wahai manusia!
Telah datang kepada kalian bulan Allah dengan membawa berkah (kebaikan), rahmat (kasih sayang) dan maghfirah (ampunan). Ia adalah bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama, malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama, dan jam-jamnya adalah jam-jam yang paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya.

Pada bulan ini nafas-nafasmu yang berembus dihitung sebagai tasbih, tidurmu sebagai ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu dikabulkan. Bermohonlah kepada Allah Tuhanmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk berpuasa dan membaca kitab suci-Nya. Amatlah rugi orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini.

Khutbah Nabi (2)

ايها الناس. اذْكُرُوا بِجُوعِكُمْ وَ عَطَشِكُمْ فِيهِ جُوعَ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَ عَطَشَهُ ، وَ تَصَدَّقُوا عَلَى فُقَرَائِكُمْ وَ مَسَاكِينِكُمْ ، وَ وَقِّرُوا كِبَارَكُمْ ، وَ ارْحَمُوا صِغَارَكُمْ ، وَ صِلُوا أَرْحَامَكُمْ ، وَ احْفَظُوا أَلْسِنَتَكُمْ ، وَ غُضُّوا عَمَّا لَا يَحِلُّ النَّظَرُ إِلَيْهِ أَبْصَارَكُمْ ، وَ عَمَّا لَا يَحِلُّ الِاسْتِمَاعُ إِلَيْهِ أَسْمَاعَكُمْ ، وَ تَحَنَّنُوا عَلَى أَيْتَامِ النَّاسِ يُتَحَنَّنْ عَلَى أَيْتَامِكُمْ ، وَ تُوبُوا إِلَى اللَّهِ مِنْ ذُنُوبِكُمْ ، وَ ارْفَعُوا إِلَيْهِ أَيْدِيَكُمْ بِالدُّعَاءِ فِي أَوْقَاتِ صَلَاتِكُمْ ، فَإِنَّهَا أَفْضَلُ السَّاعَاتِ يَنْظُرُ اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ فِيهَا بِالرَّحْمَةِ إِلَى عِبَادِهِ ، يُجِيبُهُمْ إِذَا نَاجَوْهُ ، وَ يُلَبِّيهِمْ إِذَا نَادَوْهُ ، وَ يُعْطِيهِمْ إِذَا سَأَلُوهُ ، وَ يَسْتَجِيبُ لَهُمْ إِذَا دَعَوْهُ

Wahai manusia

Kenanglah melalui rasa lapar dan hausmu akan lapar dan haus pada hari akhirat.
Bersedekahlah kepada kaum fakir dan miskin.

Muliakan orang yang lebih tua darimu, sayangilah yang lebih muda.

Sambungkanlah tali persaudaraan,
jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal dipandang dan pendengaran dari apa yang tidak halal didengar.

Kasihilah anak-anak yatim, niscaya anak-anak yatimmu dikasihi manusia. Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu.

Angkatlah kedua tanganmu untuk berdoa pada waktu-waktu shalatmu karena itulah saat yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih sayang. Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya, dan mengabulkan mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Khutbah Nabi (3)

Wahai manusia!

Sesungguhnya dirimu terjerat oleh perbuatan-mu, bebaskan dirimu dengan istighfarmu. Punggungmu berat oleh beban-bebanmu, ringankan dengan lamanya sujudmu.

Ketahuilah! Sesungguhnya Allah swt bersumpah dengan kemuliaan-Nya untuk tidak akan menyiksa orang-orang yang shalat dan orang-orang yang sujud, dan tidak akan mencampakkan mereka ke dalam api neraka pada hari manusia dibangkitkan menuju Tuhan alam semesta.

Wahai manusia!

Barangsiapa di antara kamu memberi buka kepada orang-orang mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan ia diampuni dosa-dosanya yang lalu. Sahabat bertanya; wahai Nabi, tidak semua kami mampu berbuat demikian.

Rasulullah saw bersabda: Jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan sebiji kurma atau seteguk air, sesungguhnya Allah swt memberi pahala kepada orang yang beramal sekalipun sedikit, jika ia benar-benar tidak mampu melakukan lebih dari itu.

Khutbah Nabi (4)

Wahai manusia!

Barang Siapa yang memperindah akhlaknya di bulan ini ia akan berhasil melewati "shirat al-mustaqim" pada hari ketika banyak kaki tergelincir.

Barang siapa meringankan beban pekerjaan pembantu dan pegawainya di bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan-Nya di hari Kiamat.

Barangsiapa menahan keburukannya dibulan ini. Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barangsiapa yang memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakannya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barangsiapa menyambungkan tali persaudaraan di bulan ini Allah akan menghubungkan dia dengan kasih sayang-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barangsiapa yang memutuskan silaturrahim di bulan ini, Allah akan memutuskan ia dengan kasih sayang-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Khutbah Nabi (5)

ايها الناس ان أَبْوَابَ الْجِنَانِ فِي هَذَا الشَّهْرِ مُفَتَّحَةٌ فَاسْأَلُوا رَبَّكُمْ أَنْ لَا يُغَلِّقَهَا عَنْكُمْ ، وَ أَبْوَابَ النِّيرَانِ مُغَلَّقَةٌ فَاسْأَلُوا رَبَّكُمْ أَنْ لَا يُفَتِّحَهَا عَلَيْكُمْ ، وَ الشَّيَاطِينَ مَغْلُولَةٌ فَاسْأَلُوا رَبَّكُمْ أَنْ لَا يُسَلِّطَهَا عَلَيْكُمْ

قَالَ أَمِيرُ الْمُؤْمِنِينَ ( عليه السَّلام ) : فَقُمْتُ فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ فِي هَذَا الشَّهْرِ ؟

فَقَالَ : يَا أَبَا الْحَسَنِ ، أَفْضَلُ الْأَعْمَالِ فِي هَذَا الشَّهْرِ الْوَرَعُ عَنْ مَحَارِمِ اللَّهِ

Wahai manusia!

Sesungguhnya pintu-pintu surga pada bulan ini dibukakan bagimu, maka mohonlah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupnya bagimu.

Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Tuhanmu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu.

Setan-setan dibelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernah menguasaimu.

Imam Ali bin Abi Thalib (as) berkata;Aku berdiri dan berkata: Ya Rasulullah! Pekerjaan apa yang paling utama di bulan ini? Nabi saw menjawab: wahai ayah Hasan! Pekerjaan yang paling utama dalam bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah Swt.

Berdasar tulisan KH Husein Muhammad, Pengasuh Pesantren Darul Tauhid, Arjawinangun Cirebon, Jawa Barat

14.05.2020.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...