Proses pengambilan darah di PMI Kota Surabaya (Andik Dwi/Ngopibareng.id)
Proses pengambilan darah di PMI Kota Surabaya (Andik Dwi/Ngopibareng.id)

3 Hari Gelar Donor Berhadiah, Stok Darah O PMI Surabaya Melimpah

Ngopibareng.id Surabaya 20 May 2020 19:10 WIB

Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya akhirnya mendapatkan banyak pasokan darah setelah menggelar donor darah massal berhadiah selama tiga hari berturut-turut. Namun, khusus untuk golongan darah A dan AB dirasa masih kurang.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya, Budi Arifah mengatakan, golongan darah O yang sebelumnya sempat menipis, saat ini sudah banyak. Di sisi lain, untuk golongan darah A dan AB, masih kurang memenuhi kebutuhan.

“Mungkin golongan A sama AB mungkin (yang masih kurang). Tapi ini secara keseluruhan sudah banyak stoknya, cuman golongan A sama AB masih perlu ditambah gitu,” kata Budi, ketika dihubungi awakmedia, Rabu, 20 Mei 2020.

Budi menjelaskan, jika tidak semua masyarakat yang datang ke Kantor PMI Kota Surabaya, diperbolehkan untuk melakukan donor darah. Namun akan melalui seleksi khusus, seperti pemeriksaan suhu hingga pemeriksaan kondisi tubuh.

“Sesuai protokolnya, kami periksa, mulai pertama suhu, kalau tak memenuhi ya tidak bisa. Kemudian pemeriksaan dokter seperti pada umumnya. Kemudian ditambah, masih ada pertanyaan yang menjurus untuk covid-19,” jelas Budi.

Budi menceritakan, warga yang ditolak memiliki alasan yang berbeda-beda. Bisa karena calon pendonor kurang tidur, sampai tensi darahnya terlalu tinggi maupun rendah.

“Bisa karena HB-nya kurang, atau dia kurang tidur, atau tensinya rendah atau tinggi. Kadang dia habis meminum obat-obatan, atau mungkin ada sesuatu gejala dari covid, jadi banyak faktornya,” ungkapnya.

Saat disinggung mengenai calon pendonor yang memiliki gejala covid-19, Budi tidak bisa jelaskan lebih jauh. Namun menurutnya jika yang bersangkutan memiliki suhu badan tinggi, tidak diperbolehkan untuk masuk.

“Kami tak tahu tepatnya (yang ditolak karena gejala covid-19), yah mungkin kalau ada gejala seperti suhunya tunggi kan sudah terjaring dari pintu, tapi kan sedikit sekali. Mungkin kalau dari analisis, semua itu tergantung kejujuran para pendonor, jadi yang kami harapkan, calon pendonor ini jujur,” katanya.

Perlu diketahui, sebelumnya stok darah golongan O, A, serta AB di PMI Kota Surabaya sempat menipis. Maka dari itu, terhitung sejak hari Jumat, 18 Mei 2020, hingga Rabu, 20 Mei 2020, diberlakukan kebijakan, bagi warga yang ingin mendonor pada tanggal tersebut akan diberi hadiah.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 23:10 WIB

Resmi, Australia Wajibkan Google dan Facebook Bayar ke Media

Aplikasi

Undang-undang ini menjadi yang pertama di dunia.

25 Feb 2021 22:45 WIB

China Kini Punya Empat Vaksin Covid-19

Internasional

China juga belum mengeluarkan izin untuk vaksin buatan Barat.

25 Feb 2021 22:23 WIB

Kepolisian Awali Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Banyuwangi

Jawa Timur

Targetkan per hari bisa vaksin 100 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...