Kebun Raya Bogor Ditutup Sementara

17 Dec 2018 15:05 Nusantara

Pengelola Kebun Raya Bogor menutup sementara tempat wisata tersebut. Penutupan dilakukan menyusul hujan disertai angin kencang yang belakangan kerap terjadi di wilayah Bogor.

"Setiap tanaman kita cek berkala. Saat ini sering hujan dan angin kencang jadi untuk keamanan pengunjung kita tutup sementara," kata Kepala Bagian Humas Kebun Raya Bogor, Ayi Doni Darussalam, Senin 17 Desember 2018.

Profil setiap tanaman di Kebun Raya Bogor juga dilakukan pengecekan. Selama ini, seluruh tanaman, masa tanam, usia hingga prediksi kematian tanaman tercatat secara lengkap.

Begitu juga profil tanaman rimbun yang diprediksi bisa tumbang juga tercatat sehingga tanaman jenis ini harus dilakukan pemangkasan.

Sementara itu, untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung, selain melakukan penutupan, pengelola secara berkala juga sudah melakukan pemangkasan dan pembersihan ranting termasuk juga meneliti kesehatan tanaman.

Kebun Raya Bogor sendiri menerapkan standar operasi yang disusun bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). "Di sini ada pohon yang usianya cukup tua. Ada yang 50 tahun bahkan ada yang 100 tahun," ujarnya.

Selama ini, jika terjadi hujan cukup lebat, Kebun Raya Bogor juga melakukan penutupan. Mereka yang terlanjur membeli tiket biasanya diarahkan untuk mengunjungi museum Zoologi hingga hujan reda dan Kebun Raya Bogor bisa dibuka kembali. (man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini