Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dan istri, Siti Hasmah Mohd Ali, dengan upacara kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dan istri, Siti Hasmah Mohd Ali, dengan upacara kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018).

Kebersamaan Presiden Jokowi dan Mahathir Mohamad: Tanam Pohon, Berbincang Santai hingga Salat Jumat di Istana Bogor

Ngopibareng.id Internasional 29 June 2018 13:53 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dan istri, Siti Hasmah Mohd Ali, dengan upacara kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6).

PM Mahathir dan istri beserta rombongan tiba di Istana Bogor pukul 10.10 WIB. Iring-iringan Mobil yang ditumpangi PM Mahathir masuk Istana dengan didahului pasukan drum band Paspampres yang diiringi pasukan berkuda serta pasukan berpakaian prajurit kerajaan dari berbagai daerah Indonesia.

Kedatangan PM Mahathir beserta istri juga disambut oleh para siswa yang berpakain adat dengan mengibarkan Bendera Merah-Putih dan Bendera Malaysia.

PM Mahathir dan istri langsung disambut Presiden yang didampingi Iriana Jokowi di halaman depan Istana Bogor yang dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan.

Lagu kebangsaan kedua negara dikumandangkan di bawah iringan 19 kali dentuman meriam. Usai inspeksi pasukan dalam upacara penyambutan, Presiden dan PM Mahathir memasuki gedung utama Istana Bogor.

Setelah mengisi buku tamu, kedua pemimpin negara ini menanam pohon bersama di halaman belakang.

Usai penanaman pohon, Presiden Jokowi dan PM Mahathir melakukan perbincangan santai di beranda belakang Istana.

Selanjutnya Presiden Jokowi dan PM Mahathir melakukan pertemuan terbatas bersama para delegasi Indonesia dan Malaysia, yang dilanjutkan dengan pernyataan pers bersama.

Setelah melakukan berbagai kegiatan tersebut, kedua pemimpin tersebut melakukan salat Jumat di Masjid Baitussalam Istana Bogor.

Presiden Jokowi menyopiri PM Mahathir dengan mobil golf dari ruang Istana menuju masjid. Keduanya kompak menggunakan peci berwarna hitam dan langsung masuk ke dalam masjid. Azan berkumandang pukul 12.13 WIB yang dilanjutkan dengan khotbah.

Beberapa Menteri Kabinet Kerja mendampingi Presiden Jokowi menyambut PM Mahathir, di antaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro, Menteri Sandjojo, Mentari Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri.

Selain itu juga hadir Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana.

PM Mahathir beserta rombongan sebenarnya tiba di Indonesia pada Kamis (28/6) pukul 18.17 WIB yang langsung dijemput Presiden Jokowi di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta.

PM Mahathir melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 28-29 Juni 2018.

Kunjungan kenegaraan PM Mahathir ke Indonesia diketahui sebagai langkah perkenalan ke Presiden Jokowi lantaran baru kembali menjabat Perdana Menteri Malaysia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Feb 2021 00:30 WIB

Presiden Jokowi akan Meresmikan Bendungan Napun Gate, NTT

Nasional

Bendungan Napun Gate melengkapi Raknamo dan Rotiklot.

22 Feb 2021 20:10 WIB

Enam Arahan Presiden di Rakornas Pengendalian Karhutla 2021

Nasional

Rakornas Karhutla dipimpin Presiden Jokowi.

20 Feb 2021 15:00 WIB

Perayaan Imlek, Jokowi Berharap Lepas dari Krisis Ekonomi Pandemi

Nasional

Presiden Jokowi berharap lepas dari krisis kesehatan dan ekonomi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...