Rais Am Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya. (Foto: jatman for ngopibareng.id)

Keberhasilan Penyebar Islam di Indonesia, 2 Rahasia Diungkap

Khazanah 10 April 2019 22:17 WIB

Rais Am Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya menyampaikan rahasia keberhasilan para dai yang menyebarkan Islam di Indonesia dengan damai dan bisa diterima tanpa ada pertumpahan darah di Hotel Santika Pekalongan, Rabu 10 April 2019.

Mendapat kesempatan berbicara setelah Syaikh Muhammad Al Yaqut dan Syaikh Dr. Muhammad Abdul Hakim.

Habib Luthfi kemudian menceritakan keberhasilan para dai yang merupakan dzurriyah Rasul menyebarkan Islam di berbagai daerah di Indonesia dengan damai.

Padahal waktu itu, tutur Habib Luthfi, Kekuatan agama di Indonesia yakni Hindu Budha begitu kuat dengan adanya Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Pajajaran di Jawa Barat dan Majapahit di Jawa Timur. Bahkan penguasaan Majapahit dari Srilangka hingga ke China.

“Mengapa para dai bisa sukses masuk ke Indonesia dan bisa hidup berdampingan dengan para raja?” tanya Habib Luthfi di hadapan ratusan peserta World Sufi Forum yang hadir pada sidang Komisi.

Rahasianya, lanjut Habib Luthfi, ini adalah (Pertama) peran ulama sufi yang sangat besar. Para beliau masuk min ahli tijarah atau tidak terlepas dari melalui perdagangan pertanian, dan pengobatan atau kedokteran.

Kedua, Para ulama masuk ke setiap aspek dan mengambil peran dalam wilayah yang dibutuhkan masyarakat. (adi)

"Padahal waktu itu, kekuatan agama di Indonesia yakni Hindu Budha begitu kuat dengan adanya Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Pajajaran di Jawa Barat dan Majapahit di Jawa Timur. Bahkan penguasaan Majapahit dari Srilangka hingga ke China."

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jul 2020 23:20 WIB

Survei Reshuffle Menteri, Yasonna dan Terawan Teratas

Nasional

10 Menteri Jokowi disurvei reshuffle, Yasonna dan Terawan teratas.

04 Jul 2020 21:56 WIB

Kasus Corona di 34 Provinsi, Jawa Timur Masih Tertinggi

Nasional

Ada tambahan pasien baru corona sebanyak 413 orang di Jawa Timur.

04 Jul 2020 17:53 WIB

Presiden: Indonesia Berpeluang Besar Lewati Middle Income Trap

Nasional

Pendidikan tinggi kembangkan strategi baru, smart-short-cut

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...