Kebakaran hutan. Foto : dok/antara

Kebakaran Hutan Lawu Capai 30 Hektar

Jawa Timur 08 September 2018 15:46 WIB

Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu dan Sekitarnya (KPH Lawu Ds) Djohan Surjoputro mengatakan kebakaran hutan lereng Gunung Lawu meluas hingga sekitar 30 hektare.

"Prediksi sementara luas hutan yang terbakar sekitar 25 sampai 30 hektare. Karena ini memanjang," ujar Djohan kepada wartawan di Ngawi, Sabtu 8 September 2018.

"Kami belum menghitung detail luasan hutan yang terbakar. Itu karena kami masih fokus dulu untuk memadamkan api. Setelah api padam, baru kita menggunakan alat yang memadai untuk menghitung luasan yang terbakar," ia menambahkan.

Menurut dia, saat ini kebakaran melanda lima petak hutan lindung di Gunung Lawu, yakni petak 39, 30, 19, 17, dan 15 BKPH Lawu Utara yang masuk wilayah Kabupaten Ngawi.

Upaya pemadaman kebakaran yang melanda area hutan lindung, menurut dia, dilakukan dengan melibatkan ratusan personel gabungan dari Perhutani, TNI, Polri, warga dan relawan. Anggota satuan tugas pemadam kebakaran, menurut dia, juga dikerahkan ke area-area yang terbakar.

Djohan menjelaskan bahwa menurut informasi petugas di lapangan kebakaran hutan lindung di petak 30, 39, dan 19 telah dapat dipadamkan. Upaya pemadaman api masih menggunakan teknik umum seperti pemadaman manual dan membuat ilaran.

Namun cuaca yang sangat panas dan angin yang bertiup kencang, membuat api bisa melewati ilaran serta meluas ke petak 15 dan 17.

Selain itu, area kebakaran hutan yang meliputi daerah pegunungan menyulitkan upaya petugas dan warga untuk memadamkan api.

"Kami juga menurunkan petugas dan relawan untuk melakukan peyisiran ulang, sehingga tidak memicu kebakaran hutan kembali," kata Djohan. (ant)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jun 2020 18:03 WIB

Asap Kebakaran Hutan Menambah Resiko Kematian Covid-19

Nasional

Penyebabnya, infeksi saluran pernafasan bisa menjadi penyakit penyerta.

23 Jun 2020 17:56 WIB

Jokowi Perintahkan Pencegahan Karhutla Manfaatkan Teknologi

Nasional

Teknologi sangat penting untuk memantau hot spot dan update.

03 Mar 2020 06:58 WIB

Induk Ular Piton Mati Hangus Akibat Kebakaran Hutan di Riau

Nusantara

Induk ular piton yang sedang bertelur mati gangus akibat kebakaran hutan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...