Kebakaran Hebat Ludeskan Kebun Tebu di Pamekasan

22 Jul 2018 07:20 Jawa Timur

Kebakaran hebat melanda lahan tebu seluas lebih dari 1 hektar di Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu 21 Juli 2018 malam. Akibatnya tebu siap panen ludes dan rusak terbakar.

"Lahan tebu yang terbakar milik Haji Ruslan," ujar Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono kepada Antara per telepon, Minggu malam.

Warga juga sempat panik, beruntung dibantu BPBD, warga segera bisa memadamkan api sehingga tak sampai menjalar ke pemukiman.

Kebun tebu yang terbakar berada di Dusun Batu Putih, Desa Guro`om, Kecamatan Proppo, sekitar 15 kilometer kearah barat Kota, Pamekasan.

Budi menjelaskan, musibah kebaran itu pertama kami diketahui warga yang tinggal di sekitar lokasi lahan tebu tersebut yang melihat api membubung tinggi keangkasa.

Warga selanjutnya melaporkan peristiwa itu kepada Babinsa setempat, dan laporan itu dilajutkan kepada petugas tim pemadam kebaran.

"Tim pemadam langsung bergaram menuju lokasi kejadian," ujarnya, menjelaskan.

Berkat upaya petugas dan bantuan warga sekitar, kobaran api berhasil dikendalikan.

"Api berhasil dipadamkan, setelah sekitar satu jam petugas berkelut dengan kobaran itu," kata Budi.

Belum diketahui penyebab kebaran itu, namun petugas menduga, akibat kecerobohan warga yang membuang puntung rokok secara sembarangan.

"Korban jiwa tidak ada, namun kerugian materiel akibat kebaran itu ditaksir sekitar Rp15 juta," katanya, menjelaskan.

Kasus kebakaran lahan tebu di Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur kali ini bukan yang pertama kali.

Kasus serupa juga terjadi dua tahun lalu di Dusun Panenggin, Desa Klampar, Kecamatan Proppo. Kala itu, kebakaran hebat lahan tebu menghanguskan lahan tebu seluas 3 hektare, akibat ada warga yang membuang puntung rokok secara sembarangan.

Sementara selama kurun waktu 2015 hingga 2018 ini, sudah terjadi sebanyak 15 kali kebaran lahan tebu di Pamekasan, tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Proppo, Pamekasan, Pademawu, Larangan dan Kecamatan Galis. (wah)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini