Asap masih muncul di Gunung Arjuno dan Welirang. (Foto: BPBD Jatim)

Kebakaran Gunung Arjuno Belum Mampu Dipadamkan

Jawa Timur 05 August 2019 07:00 WIB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur melansir kebakaran hutan masih terjadi di kawasan sekitar Gunung Arjuno, Jawa Timur. Kabut dan angin menjadi kendala proses pemadaman.

Kemarin pagi, 4 Agustus 2019, operasi padaman yang dipimpin BPBD melakukan penanganan kebakaran di wilayah pegunungan Welirang di wilayah Kabupaten Mojokerto. Lokasi kebakaran berdekatan dengan puncak Gunung Arjuno. BPBD mengidentifikasi dan memetakan 6 titik api.

"Kedua, pembasahan di lokasi 7 titik api di puncak Gunung Arjuno di wilayah Kota Batu yang telah dipadamkan sebelumnya," Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur Suban Wahyudiono dalam keterangan tertulisnya, Senin 5 Agustus 2019.

Kondisi cuaca menyebabkan helikopter sempat tidak dapat melakukan pemadaman di wilayah Gunung Welirang karena titik api tertutup kabut tebal. Penyiraman di Gunung Welirang dilakukan sebanyak 3 kali.

"Penyiraman dengan metode water-bombing masih perlu dilakukan karena kepulan asap dan bara api masih terpantau di sebagian wilayah Gunung Arjuno dan Gunung Welirang,” ujar Sunan.

Selain pemadaman, pendinginan atau mopping up juga dilakukan untuk memastikan api padam di wilayah Gunung Arjuno. Sebelumnya teridentifikasi 7 titik api di wilayah tersebut.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Jul 2020 04:41 WIB

Turunkan Kasus Jatim, BNPB Bangun Posko Khusus di Surabaya

Jawa Timur

Angka kasus Jatim masih tinggi.

17 Jul 2020 23:05 WIB

Risiko Tertular Corona dari Jenazah

Kesehatan

Maraknya kasus perebutan jenazah Covid-19 cukup menyita perhatian.

13 Jul 2020 12:18 WIB

MUI-BNPB Sepakat Edukasi Mitigasi Bencana Lewat Dakwah

Nasional

MUI akan fokus pada mitigasi bencana melalui edukasi dan sosialiasi ke umat

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...