Keajaiban Al-Fatihah, Berikut Pengalaman Pinisepuh Sidoresmo

03 Feb 2018 13:15 Islam Sehari-hari

Kita mengenal surat pertama dalam mushaf Al-Quran adalah Al-Fatihah. Dalam sehari-hari ada yang membacanya secara khusus. “Ustadz, bisakah dijelaskan soal keajaiban dalam surat Al-Fatihah tersebut?”

Kepada ngopibareng.id, Alif Hadjar, warga Kaliasin Surabaya, mempertanyakan hal itu.

Untuk menanggapi persoalan ini, secara singkat perlu dijelaskan yang terkait dengan pengalaman sehari-hari tokoh dan kiai-kiai kita. KH Zainudddin Badruddin, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur 2 Al-Murtadlo Bululawang Malang, memberikan ulasan tentang Al-Fatihan Sidoresmo. Berikut lengkapnya:

الفاتحة لما قرئت له

Surat Fatihah untuk apa saja bagi para pembacanya.

Setiap pesantren memiliki amalan dan wirid masing-masing  yang dipegangnya. Sehingga dengan kepercayaan itu mereka wariskan kepada para anak cucu dan santri-santrinya. Ada pesantren yang khusus pada kitab kuning saja, sehingga wirid dan amalan hanya mutholaah dan menulis saja. Ada pula pesantren yang khusus riyadloh dengan puasanya ada pula yang mewiridkan kitab suci Al- Qur’anul Karim dan ada pula yang khusus riyadloh solawat Dalailul Khoirot dan lain-lain.

Pada pertemuan kali ini, penulis ingin menyampaikan tentang amalan surat al fatihah yang di lazimkan di sidoresmo. Sidoresmo yang berasal dari Sayid ali Akbar yang pada penamaan sejarahnya berawal kata; sing nderes kabehe lima.

Dalam penulisan ini saya ditemani Mas Maftuh bin Maimunah binti Ahmad Jaelani bin Idris bin Muhammad Nur bin Abdul Qohar bin Tolhah bin Nyai Ruqooyah  bin Sayid Ali Asghor bin Sayid Ali Akbar bin Sayid Sulaiman bin Syarifah Khodijah binti Syarif Hidayatulloh Sunan gunung Jati.

Dalam perjalanan dengan tajuk Menjaga tradisi dan menjalin silaturrahmi  di 3 kabupaten; Pasuruan, Probolinggo, Jember dengan menggunakan Toyota Velfire artikel ini ditulis di atas kendaraan.

Surat Al-Fatihah yang menjadi amalan orang-orang Sidoresmo ini di baca 70 kali selepas Shalat Hajat di sepertiga malam. Maka telah kita ketahui disana ada orang-orang sakti yang telah berjuang untuk negara ini termasuk Mbah Muhammad Nur, Mbah Yai Mansur dan lainnya. Dan hingga sekarang bisa kita ketemui,banyak ahli suwuk-suwuk yang sangat handal di perkampungan yang bernama Sidosermo.

Tentang keutamaan Surat Al-Fatihah ini banyak sekali, di antaranya yang diterangkan.

Dalam kitab Zadul Musafirin diceritakan bahwa kaisar Romawi menulis surat kepada khalifah Umar bin Khattab yang isinya:

Aku baca di kitab Injil bahwa siapa yang membaca satu surat yang tidak terdapat didalamnya 7 huruf, yaitu tsa (ث),kha (خ), zha (ظ), fa (ف), za (ز), jim (ج) dan syin (ش), siapa yang membaca surat ini maka Allah akan mengharamkan tubuhnya tersentuh api neraka, maka kami mencarinya dalam kitab Zabur, dan kitab Taurat tetapi tidak kami temukan, apakah surat itu terdapat pada kitab kalian?

Setelah membaca surat ini khalifah Umar mengumpulkan pada sahabat dan menceritakan tentang isi surat dari kaisar tersebut, maka salah seorang sabahat Ubay bin Ka’ab mengatakan bahwa yang dimaksud oleh kaisar itu adalah surat Al-Ftatihah, setelah mendengar itu khalifa Umar langsung mengirimkan jawabannya, tidak lama setelah mengetahui itu kaisar tersebut masuk Islam.
Dan masih banyak lagi faedah-faedah yang tidak bisa dituliskan dalam artikel ini.

Salam Takdzim.
Zainudddin Bad
Pondok Pesantren An-Nur2.net Al-Murtadlo Bululawang Malang.