Akila sedang belajar berjalan sambil berpegangan pada besi tempat tidur di kamarnya. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Kakinya Kuat Menapak, Si Kembar Akila-Azila Belajar Jalan Sendiri

Kesehatan 28 October 2019 18:24 WIB

Sudah hampir tiga bulan bayi kembar siam Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina dirawat di RSUD Dr.Soetomo Surabaya (RSDS). Lantas bagaimana kondisi terbarunya saat ini?

Menurut Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu RSDS sekaligus dokter yang memantau perkembangan Akila Azila, dr. Agus Harianto,SpA (K), perkembangan keduanya sangat bagus dalam pantauan tim kembar siam.

"Perkembagannya sudah sangat stabil sekali, untuk itu saya mengatakan mereka siap dipulangkan ke Kendari (kota asal si kembar Akila-Azila)," ujar dr.Agus Harianto, SpA (K) ditemui di ruang Bobo RSDS, Senin, 28 Oktober 2019.

ngopibareng.id saat menyambangi si kembar di kamar perawatannya, Akila yang mengenakan baju warna oranye, terlihat sedang berlatih jalan sendiri. Meski belum terlalu lancar berjalan, tapi kaki Akila sudah mampu menapak di lantai. Tangannya juga kuat berpegangan pada besi tempat tidur.

"Akila kondisinya stabil, berat badannya saat ini 11 kilogram. Saat ini sedang belajar berjalan agar lebih lancar. Untuk perawatan Akila saat ini hanya pemberian salep kelocort untuk mencegah keloid pada kulit Akila maupun Azila," jelas Agus Harianto.

Selain sudah semakin berani untuk berjalan. Akila juga terlihat lebih riang dan berani saat berjumpa dengan orang-orang baru. Sesekali Akila terdengar 'mengoceh' seolah ingin mengatakan sesuatu. Kedua tangannya juga diacung-acungnya sebagai tanda ia ingin digendong.

Akila dan Azila sedang belajar berjalan bersama Foto PitangopibarengidAkila dan Azila sedang belajar berjalan bersama. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Sedangkan untuk Azila, Agus Harianto menjelaskan, kondisinya juga stabil tapi karena Azila menjalani beberapa kali operasi dan pemasangan plat di dadanya, membuat perkembangannya sedikit berbeda dengan Akila.

Azila terlihat masih menggunakan korset untuk menahan dadanya yang dipasangi plat sebagai penganti tulang dada. Meski begitu Azila tetap ingin bergerak dan berjalan seperti saudara kembarnya.

Kaki-kaki mungil Azila tampak menjinjit. Tapi ia terus berusaha belajar berjalan sambil berpegangan besi kasur. Azila berusaha 'mengejar' saudara kembarnya.

"Kalau kondisi Azila juga stabil, tapi memang sekarang dia sedang belajar mengejan untuk membuat fesesnya (kotoran atau tinja) agar tidak penuh di usus besarnya," sambung Agus Harianto.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Dec 2019 20:58 WIB

Dempet Perut dan Dada, Bayi Kembar Siam Punya Organ Masing-masing

Human Interest

Bayi kembar siam menunggu usia 6-9 bulan untuk operasi pemisahan.

15 Nov 2019 13:01 WIB

Kembar Siam Akila-Azila Hari Ini Resmi Pulang Ke Kota Kendari

Kesehatan

Akila-Azila resmi pulang hari ini ke Kendari setelah sebelumnya sempat mundur

28 Oct 2019 15:55 WIB

Bayi Kembar Siam Akila-Azila, Batal Pulang Esok Hari

Kesehatan

Kepulangan kembar siam Akila -Azila tunggu Pemkot Kendari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...