Gus Ipul saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Sabtu, 3 Maret 2018. (Foto: Ist)
Gus Ipul saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Sabtu, 3 Maret 2018. (Foto: Ist)

Ke Blokagung, Gus Ipul Didoakan Keluarga Besar Kiai Muchtar Syafa'at

Ngopibareng.id Jawa Timur 03 March 2018 23:09 WIB

Kunjungan ke Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Sabtu, 3 Maret 2018, membuat calon gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf, merasa bangga dan bahagia. Terlebih saat ziarah ke makam KH Muchtar Syafa'at, ia memperoleh doa khusus ; doa yang dipimpin langsung oleh KH Hasyim Syafa'at.

Bersama Kiai Hasyim, bergabung pula jumhur keluarga besar KH Muchtar Syafa'at. Antara lain KH Mudhoffar Syafa'at, KH Munib Syafa'at, KH Kholiq Syafa'at, KH Asyiqin, Ny Hj Handariyatul Masruroh, Ny Nafisah Hasyim, Ny Lina Munib, sert beberapa tokoh lain seperti Ketua FPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi, Abah Joni.

Gus Ipul datang disambut dengan lantunan salawat dan lagu "Yahlal Wathon" yang dilantunlan oleh para santri. Mereka berbaris kanan kiri, dari TK hingga murid-murid sekokah kelas menengah ke atas. Gus Ipul menyalami beberapa di antaranya. Bahkan mencium beberapa anak dari TK.

Sampai di lingkungan pemakaman keluarga besar KH Muchtar Syafa'at, Gus Ipul langsung ambil air wudhu. Ikut membaca tahlil bersama rombongan dan pengurus pesantren. Ia tampak khusyu' hingga tahlil berakhir dengan penyampaian doa-doa, khusus almarhumin dan para pengunjung.

Hanya berselang beberapa saat usai tahlil, KH Hasyim Syafa'at meminta Gus Ipul duduk bersama. Berhadap-hadapan dengan para santriwati yang sejak kedatangan sudah berada di sekitar makam. Di sini, salah seorang kiai yang ditokohkan masyarakat itu, memanjatkan doa khusus untuk Gus Ipul.

Para santriwati, kiai dan ibu nyai serta pengurus dan kader PKB, mengamini doa. Antara lain, Kiai Hasyim memohon kepada Allah SWT agar Gus Ipul mampu mengemban amanat dan dimudahkan dalam mengurus ummat. "Ya Allah, Engkau Mahamengabulkan doa hamba-Nya," ucap Kiai Hasyim.

Disambut kata amin, para pengunjung mengusap wajah mereka dengan penuh harap. Acara dilanjutkann dengan foto bersama para kiai, ibu nyai dan dengan para santriwati. Sambil berjalan beriringan menuju kediaman kiai, Gus Ipul tampak akrab memeluk dari belakang Kiai Hasyim.

Tak jauh dari kediaman KH Hasyim Syafa'at, Gus Ipul melanjutkan muhibah kunjungannya ke kediaman KH Ahmad Qusyairi Syafa'at. Dari keluarga ini, mantan Ketua Umum PP GP Ansor, juga mendapat sambutan luar biasa. "Semoga Gus Ipul diqobul semua harapan kebaikannya," kata Kiai Mad--sapaan KH Ahmad Qusyairi saat memberi sambutan.

Kepada para santri dan santriwati, Gus Ipul berharap ini merupakan kunjungan yang penuh keberkahan. "Semoga ini pertemuan penuh berkah. Kita berharap, setelah bisa berkumpul di sini juga bisa berkumpul di akhirat. Karena sanad kita sambung, insyaallah sampai ke Rasulullah," ujar Gus Ipul. (frd/wah)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Oct 2020 09:31 WIB

Bangga Bendera Merah Putih, Ini Guyonan Ala Kader Ansor

Islam Sehari-hari

Perhelatan "Nurturing the Shared Civilizational Aspirations of Islam.."

29 Oct 2020 14:45 WIB

Taruna Merah Putih Ajak Anak Muda Bangun Surabaya

Pilkada

Mereka ingin membangun masa depan yang dipenuhi oleh gagasan anak-anak muda

28 Oct 2020 18:13 WIB

Holopis Kuntul Baris Warga Perbaiki Baliho Gus Ipul-Mas Adi

Pilkada

Baliho Gus Ipul-Mas Adi dirusak orang yang takut kalah Pilkada.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...