Ke Banyuwangi, Puti Dapat Dukungan Pekerja Pabrik sampai Ibu-Ibu

02 Jun 2018 23:28 Jawa Timur

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, berkeliling ke Banyuwangi, Sabtu, 2 Juni 2018. Cucu presiden pertama Ir Sukarno (Bung Karno) itu mengunjungi sebuah pabrik pengolahan produk perikanan berorientasi ekspor di Kecamatan Bangsring, yaitu PT Surya Adikumala Abadi. Pabrik tersebut mempunyai 1.400 pekerja dari pabrik sampai tambak.

Kehadiran Puti yang ditemani Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendapat sambutan luar biasa dari para pekerja. ”Ayo foto bareng Mbak Puti,” kata Sulastri, salah seorang pekerja yang langsung diikuti para rekannya. Langkah Puti dan Anas pun tertahan karena banyaknya permintaan foto bersama.

”Senang sekali bisa foto bareng cucu Bung Karno,” kata Eddy, pekerja lainnya.

Para pekerja itu pun kompak mengacungkan salam dua jari, menunjukkan dukungan untuk Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti, kandidat nomor urut 2 di pemilihan gubernur (Pilgub) 27 Juni.

Lagu ”kabeh sedulur, kabeh makmur”, taglinekampanye Gus Ipul-Puti, ikut membahana.

”Jangan lupa nomor 2, Gus Ipul-Mbak Puti. Beliau punya program SMA/SMK gratis se-Jatim, pengiriman ribuan dokter ke desa sehingga layanan kesehatan merata ke seluruh kampung. Juga ada nutrisi bergizi untuk ibu hamil dan balita,” kata Bupati Anas kepada pekerja pabrik.

Puti Guntur Soekarno berkeliling ke Banyuwangi mengunjungi sebuah pabrik pengolahan produk perikanan berorientasi ekspor di Kecamatan Bangsring yaitu PT Surya Adikumala Abadi Sabtu 2 Juni 2018
Puti Guntur Soekarno, berkeliling ke Banyuwangi, mengunjungi sebuah pabrik pengolahan produk perikanan berorientasi ekspor di Kecamatan Bangsring, yaitu PT Surya Adikumala Abadi, Sabtu, 2 Juni 2018.

Seusai dari pabrik, Puti menikmati suasana pinggir pantai di Vila Solong. Dia mengambil foto suasana pantai yang sejuk dan indah, dengan deretan pohon kelapa, rumah tradisional Banyuwangi, dan hamparan tanaman menghijau. Puti pernah melukis di pinggir pantai tersebut saat berkunjung ke Banyuwangi beberapa waktu lalu.

Puti kembali mengangkat pengembangan desa wisata yang akan dikebut bersama Gus Ipul. Dalam setahun, Puti menargetkan ada seribu kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang digelontor bantuan oleh Pemprov Jatim.

”Kami punya program seribu desa wisata atau Seribu Dewi. Tiap tahun kami bantu 1.000 Pokdarwis, mulai dari fasilitasi modal sampai peningkatan SDM-nya. Ibu-ibu di desa wisata bisa membuka usaha kuliner atau kerajinan, kita bantu total dari A sampai Z. Dari sana, bisa terbuka 200.000 lapangan pekerjaan baru,” ujarnya.

Puti kemudian bertemu dengan hampir seribu komunitas perempuan Banyuwangi sambil menunggu berbuka puasa. Acungan salam dua jari, permintaan foto bersama, dan koor lagu ”kabeh sedulur, kabeh makmur” terus menggema. Puti juga memimpin salawat bersama.

”Ibu-ibu semua, Gus Ipul dan saya punya perhatian khusus ke perempuan. Kepala keluarga perempuan dan kelompok usaha perempuan akan diberi permodalan untuk usaha mereka sehingga ibu-ibu bisa mandiri,” kata Puti.

”Selain itu, kami kirimkan makanan bergizi, daging, telur, ikan, buah ke rumah warga-warga miskin, sehingga ibu-ibu tidak usah khawatir perkembangan gizi keluarganya,” imbuhnya disambut tepuk tangan hadirin. (wah/frd) 

Penulis : Farid Rahman


Bagikan artikel ini