Donald Trump dan Wapres Mike Pence. (Foto: afp)
Donald Trump dan Wapres Mike Pence. (Foto: afp)

Ke Arah Pemakzulan Trump, Jalan Ini Ditempuh Partai Republik

Ngopibareng.id Internasional 12 January 2021 09:14 WIB

Partai Demokrat, Amerika Serikat kembali berupaya melakukan pemakzulaan terhadap Donald Trump dari kursi presiden. Hal itu apabila Wapres Mike Pence dan kabinetnya tidak lekas mencopotnya dengan melakukan Amandemen ke-25 Konstitusi.

"Partai Demokrat memulai proses pemakzulan Presiden Donald Trump untuk kedua kalinya pada Senin 11 Januari 2021 andai Wapres Mike Pence dan kabinetnya tidak segera mencopot Trump dari jabatannya," mengutip AFP, Selasa 12 Januari 2021.

Partai Demokrat juga memperkenalkan resolusi agar Mike Pence segera amandemen ke-25 konstitusi. Dengan begitu, Donald Trump bisa segera dicopot.

Partai Republik lalu mengunci pemungutan suara di parlemen terkait resolusi Partai Demokrat tersebut. Partai Demokrat lantas menindaklanjuti dengan memaparkan artikel bertema 'hasutan pemberontakan'.

Artikel tersebut berisi tentang peran Donald Trump dalam aksi pendukungnya yang menyerbu Gedung Capitol Hill pada Rabu pekan lalu 6 Januari 2021.

Desakan agar Trump dicopot tak lepas dari hasil Pilpres AS. Donald Trump dinyatakan kalah atas Joe Biden. Trump lalu kerap menyebut terjadi banyak kecurangan sehingga dirinya kalah.

Trump menyatakan itu berulang kali lewat media sosialnya. Hingga kemudian, tak sedikit pendukung Trump yang tersulut. Mereka turut tidak terima dengan hasil Pilpres AS.

Massa lalu menyerbu Gedung Capitol Hill pada Rabu 6 Januari 2021. Sebanyak 68 orang ditangkap dan akan segera disidang. Facebook dan Twitter kini mengunci akun milik Donald Trump.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Mar 2021 21:30 WIB

Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan Ratusan Iphone

Kriminalitas

Iphone tersebut diselundupkan melalui jalur udara dari Batam.

03 Mar 2021 21:15 WIB

Walikota Bukittinggi Wajibkan ASN Subuhan Berjamaah, Ini Kata DPR

Nusantara

Minta agar Mendagri membina Walikota Bukittinggi.

03 Mar 2021 21:00 WIB

Atasi Stunting, Mahasiswa UB Ciptakan Biskuit Berbahan Ulat

Pojok Unibraw

Ulat sangat dibutuhkan bagi masa tumbuh kembang anak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...