Kawan Lama yang Bunuh Ayah Kim Samuel

02 Aug 2019 12:00 ngopiK-pop

Jose Arredondo, ayah Kim Samuel, penyanyi finalis Produce 101 season 2, tewas dibunuh di rumahnya yang terletak Meksiko pada 16 Juli 2019. Polisi menemukan bekas pukulan dengan benda tumpul di tubuh pria 61 tahun ini.

Hanya berselang 14 hari dari tragedi itu, media lokal mengabarkan bahwa tersangka pembunuh Jose Arredondo telah ditangkap, pada 29 Juli lalu. Dilansir dari KGET, kepolisian Meksiko menangkap pria yang disebut sebagai "Roberto N". Pria 50 tahun ini berasal dari Hidalgo, Meksiko, dan telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan ini. Kepolisian juga telah merilis foto sang tersangka.

Hukum setempat mengatur sehingga kepolisian tidak bisa membuka nama akhir sang pelaku pembunuhan. Namun pihak keluarga Kim Samuel bisa mengenali sang pelaku. Hal ini, menguak sebuah fakta mengejutkan.

Sang tersangka pembunuh ternyata adalah teman lama ayah Kim Samuel. “Orang ini adalah temannya selama 20 tahun," tutur saudari Jose Arredondo, Laura.

Kepolisian maupun keluarga meyakini bahwa tidak hanya Roberto yang terlibat dalam pembunuhan ini. "Mereka menangkap satu di antaranya, tapi bukan hanya dia (yang terlibat). Tapi setidaknya mereka menangkap satu orang dan aku tahu dia bakal bicara," kata Laura.

Dalam keterangan yang dirilis kepolisian, Roberto dan kawanannya mendatangi kondominium Jose Arredondo di Cabo San Lucas, Meksiko, pada 15 Juli 2019. Mereka kemudian memukuli ayah Kim Samuel hingga tewas.

Jose Arredondo ditemukan sehari setelah kejadian. Minggu lalu, keluarga melakukan upacara pemakaman. Jose Arredondo seharusnya merayakan ulang tahun yang ke-61.

Foto kenangan Kim Samuel kecil bersama sang ayah
Foto kenangan Kim Samuel kecil bersama sang ayah.

Setelah dua minggu berkabung, Kim Samuel akhirnya buka suara mengenai kematian ayahnya. Di Instagram pribadinya, @its_kimsamuel, artis 17 tahun ini mengunggah sejumlah ucapan manis untuk sang ayah. Pelantun Sixteen ini mengungkap bahwa ia sangat mencintai sang ayah, dan menjadikannya teladan.

Yang lebih mengharukan, bila Jose Arredondo masih hidup, seharusnya Kim Samuel bisa melalui merayakan ulang tahun sang ayah. "Happy birthday dad. Selalu berada di hatiku. Kamu adalah seorang legenda untukku," tulis Kim Samuel.

Tak hanya itu, Kim Samuel juga berharap ia bisa menjadi seseorang seperti ayahnya.
"Aku berharap bisa seperti dirimu di masa mendatang. Aku sangat merindukanmu. Aku sungguh mencintaimu, Ayah," kata Samuel. Ia juga menulis tagar "Rest in Peace" dan "Jose Arredondo" dalam keterangan fotonya.

Dalam foto-foto yang diunggahnya, Kim Samuel membagikan momen-momen awal dan terakhir dalam hidupnya bersama sang ayah.

Kim Samuel memasang foto saat ia balita dan digendong sang ayah, hingga foto saat ia berdiri di samping peti mati Jose Arredondo saat pemakaman.

Selain memiliki anak seorang artis, Jose Arredondo merupakan seorang pengusaha ternama asal Amerika Serikat. Ia memiliki beberapa bisnis di berbagai bidang seperti pemilik Family Motors Auto Group, agensi real estate, pemilik Fresno Buick-GMC, Hanford Hyundai dan memiliki lapangan golf.

Sosok Jose Arredondo dikenal juga sebagai seorang yang sangat menginspirasi. Jose Arredondo turut berkecimpung dalam pembicaraan dengan narapidana dan pecandu narkoba tentang mengubah cara hidup mereka. Selain itu, ia juga sering menyumbang untuk keperluan amal.