Presiden ijinkan impor garam industri, kata Menko Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Foto:Garam.Co)
Presiden ijinkan impor garam industri, kata Menko Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Foto:Garam.Co)

Kata Luhut, Presiden Ijinkan Impor Garam

Ngopibareng.id Ekonomi dan Bisnis 05 October 2020 17:52 WIB

Presiden Jokowi memberi ijin pedagang untuk impor langsung garam industri yang akan digunakan sebagai bahan baku dalam industri pangan, asal  ada rekomendasi dari Kementerian Perindustrian.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan  mengatakan, Presiden setuju bahwa industri-industri yang untuk makanan, dan yang butuh garam industri itu mereka mengimpor langsung dengan rekomendasi dari Kemenperin,” katanya, setelah rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi melalui video conference dengan topik percepatan penyerapan garam rakyat dari Istana Merdeka Jakarta, Senin.

Industri kaca saat membutuhkan garam, diizinkan untuk mengimpor tetapi jika membocorkan garam impor tersebut ke pasar domestik sehingga menyebabkan harga garam rakyat turun, maka izinnya akan dicabut, kata Luhut.

Kemenperin disebutnya telah memiliki data berapa jumlah industri yang membutuhkan garam industri sekaligus kebutuhan mereka.

“Saya kira itu akan diinventarisir oleh Pak Menperin dan diterbitkan kepada publik, sehingga publik akan mengawasi benar tidak jumlahnya,” kata Luhut.

Hal itu berlaku pula untuk gula dimana izin impor hanya diberikan kepada industri pangan yang memerlukan gula sebagai bahan baku, tambahnya.

“Misalnya industri makanan dia perlu gula, dia impor. Mana saja industri makanan yang perlu gula, nanti Agus Gumiwang yang paling tahu. Dan dia juga yang tahu jumlahnya berapa. Nanti kalau dia mengimpor dan menjual ke luar maka akan dicabut izinnya atau ada sanksi dari Kemenperin,” katanya.

Menurut Luhut, teknologi untuk memproduksi garam yang juga bisa dilakukan dari PLTU sebagaimana dikembangkan oleh BPPT.

Ia mendorong hal itu agar segera dapat dilaksanakan sehingga industri garam terintegrasi dapat diwujudkan melalui teknologi yang ada. “Presiden minta pilot project untuk industri garam,” kata Luhut. (asm/ant)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Dec 2020 07:15 WIB

Dua Lagi

Dahlan Iskan

Ketegangan pemili AS beralih ke Georgia. Kenapa?

02 Dec 2020 06:36 WIB

Mahfud MD Berang, Massa Ganggu Rumah Ibunya di Pamekasan

Nasional

Rumah ibunda digeruduk massa berbaju putih-putih.

02 Dec 2020 06:07 WIB

Canyon Spectral 29CF Lebih Besar Tapi Ringan dan Efisien

Gowes Bareng

Banyak perubahan pada versi ini yang membuat lebih ringan dan nyaman.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...