Ilustrasi (Ngopibareng.id)
Ilustrasi (Ngopibareng.id)

Kasus Covid-19 Dunia Tembus 30 Juta, 940 Ribu Meninggal

Ngopibareng.id Internasional 18 September 2020 12:25 WIB

Universitas John Hopkins di Amerika Serikat mencatat terdapat sedikitnya 30 juta infeksi Covid-19 di seluruh dunia. Amerika Serikat, India, dan Brazil menjadi negara yang diterpa wabah terparah di dunia.

Amerika Serikat mencatat sedikitnya 6,6 juta kasus per Jumat 18 September 2020, dengan 197.000 orang meninggal. Meski kasus harian disebut turun dibanding pada Juli lalu.

Sedangkan di India, kasus Covid-19 naik mencapai 5 juta pada pekan ini, dengan kasus harian mencapai 90 ribu. Lebih dari 80 ribu orang meninggal akibat kelangkaan ruang perawatan dan suplai oksigen.

Sedangkan Brazil melaporkan sedikitnya 4,4 juta kasus Covid-19 dengan 134 ribu meninggal. Jumlah ini menjadi yang kedua setelah Amerika Serikat.

Negara lain seperti Argentina dan Meksiko juga diterpa wabah dengan keras. Sedikitnya 13 ribu kasus baru dilaporkan Argentina pada Kamis lalu. Angka infeksi hampir mencapai 600 ribu. Sedangkan Meksiko mengkonfirmasi 3.000 kasus tambahan harian, dengan total 680 ribu kasus.

sementara, sejumlah negara terus berupaya mempercepat vaksin Covid-19. Presiden Donald Trump mengumumkan jika warganya akan divaksinasi sebelum 3 November nanti. Sedangkan Rusia telah mengeluarkan izin menggunaan vaksin untuk warga lokal pada Agustus lalu. Meski sejumlah pakar memperingatkan jika uji coba yang dilakukan belum cukup untuk menjamin keamanan dan efektivitas vaksin.

Hingga saat ini belum ada satupun vaksin yang telah menyelesaikan uji coba klinis.

Selain itu, sedikitnya 150 jenis obat sedang dikembangkan sebagai penawar Covid-19. Seluruh obat kini sedang dalam tahap uji coba. Hanya steroid yang dianggap efektif menyelamatkan nyawa dengan hasil penelitian signifikan. (Bbc)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 22:29 WIB

Cetak Sejarah, Nakagami Raih Pole Position Pertama di MotoGP

MotoGP

Pembalap LCR Honda merail pole position perdana dalam sejarah MotoGP.

24 Oct 2020 22:20 WIB

Er-Ji Unggul di Survei, Pengamat: Hasil Kerja Risma dan Mesin PDI

Pilkada

Survei internal partai, Er-Ji akan memenang Pilwali.

24 Oct 2020 22:00 WIB

Jika Menang, Er-Ji Gunakan Digital untuk Pantau Kesejahteraan

Pilkada

Big data itu yang akan jadi kawah Eri dalam membangun Surabaya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...