Menkes Terawan berkantor di Surabaya. (Foto: Ant)

Kasus Baru Covid-19 Tertinggi, Menkes Berkantor di Surabaya

Jawa Timur 12 July 2020 23:00 WIB

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mulai Minggu, 12 Juli 2020 berkantor di Surabaya, Jawa Timur.

Keberadaan Menkes Terawan di Surabaya ini akan memantau penanganan Covid-19 di Jatim, khususnya Surabaya yang kasusnya mengalami kenaikan drastis.

"Iya betul, Pak Menkes 'ngantor' di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur," kata Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesdirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes dr M Budi Hidayat melalui keterangan pers seperti dilansir Antara, di Jakarta, Minggu, 12 Juli 2020.

Ia mengatakan masih tingginya jumlah kasus Covid-19 di provinsi Jatim memerlukan perhatian serius dari Kemenkes. Oleh karena itu, Menkes memutuskan untuk berkantor di sana guna memastikan penanganan Covid-19 dapat berjalan dengan baik. "Karena kita tahu penyebaran Covid-19 di Jatim perlu perhatian khusus," katanya.

Menkes tiba di Surabaya pada Sabtu, 11 Juli 2020 malam, setelah sebelumnya menyerahkan santunan bagi tenaga kesehatan yang meninggal saat bertugas menangani pasien Covid-19 di Semarang.

Pada Minggu pagi, Menkes langsung menggelar rapat yang dihadiri Kepada Dinas Kesehatan Jawa Timur Herlin Ferliana dan Sekretaris Dearah Jawa Timur Heru Tjahyono. Setelah rapat, Menkes meninjau Rumah Sakit lapangan Indrapura.

Mengganasnya virus Covid-19 di Jawa Timur sempat mendapat perhatian juga dari Presiden Joko Widodo. Saat berkunjung ke Surabaya pada 25 Juni 2020, Presiden memberi tenggat waktu dua pekan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menekan laju pertambahan pasien positif Covid-19.

Tapi, tampaknya target penurunan diberikan Presiden Jokowi terhadap Jawa Timur tak bisa dicapai. Terbukti berdasarkan data BNPB, Jawa Timur, Minggu, 12 Juli 2020 melaporkan kasus baru Covid-19 sebanyak 518 orang. Angka ini paling tinggi dan menduduki posisi pertama di Indonesia.

Posisi kedua ditempat DKI Jakarta dengan tambahan kasus sebanyak 404. Disusul kemudian provinsi Sulawesi Selatan dengan tambahan kasus sebanyak 173.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 23:44 WIB

Ganjar Datangi Rumah Warga di Pelosok Wonogiri

Nusantara

Ganjar melakukan kunjungan ke Wonogiri.

06 Aug 2020 23:40 WIB

Angka Kesembuhan Meningkat, Kasus Di Kelurahan Surabaya Turun

Surabaya

Angka kumulatif pasien sembuh hingga Rabu, kemarin, ada 5.822 orang

06 Aug 2020 23:39 WIB

Ganjar Sidak Pembuang Limbah Bengawan Solo

Nusantara

Ganjar memastikan tak ada perusahaan membuang limbah ke sungai.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...