Data kasus aktif yang diupdate oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (Foto: Istimewa)
Data kasus aktif yang diupdate oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (Foto: Istimewa)

Kasus Aktif Covid-19 Jatim Terendah Kedua

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 28 October 2020 06:48 WIB

Penanganan virus corona atau Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan seluruh kepala daerah di Jatim betul-betul membuahkan hasil yang positif. Padahal, sebelumnya Jatim pernah menjadi provinsi dengan penambahan kasus terbanyak nasional.

Kini, berdasar data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia angka kasus aktif yang ada terendah kedua dengan presentase 4,55 persen di bawah Gorontalo dengan kasus aktif sebesar 2,66 persen.

"Alhamdulillah, Jawa Timur konsisten memiliki kesembuhan yang lebih tinggi dibandingkan kasus baru, di sisi lain kapasitas testing juga terus naik namun positivity rate menurun. Hasilnya per 26 Oktober 2020, berdasarkan pengolahan data dari Kemenkes RI, Jawa Timur menjadi provinsi dengan prosentase kasus aktif terendah nomor dua se-Indonesia," kata Khofifah, Selasa 27 Oktober 2020.

Secara kuantitatif, papar Khofifah, kasus Aktif Covid-19 di Jawa Timur menjadi terendah dibandingkan provinsi besar lain di Jawa dengan total kasus sebanyak 2.352 kasus, sedangkan Jawa Tengah sebanyak 3.762 kasus, Jawa Barat 9.897 kasus dan DKI Jakarta sebanyak 11.473 kasus.

Sementaa itu, sampai saat ini testing terus digencarkan. Dalam periode 19-25 Oktober ini total sudah dilakukan sebanyak 27.279 dengan kasus positif baru sebanyak 1.941 setara 7 persen.

Selain itu, per hari ini peta risiko Covid-19 di Jatim kembali berubah. Tercatat saat ini daerah zona kuning atau risiko rendah bertambah dari 19 menjadi 24, sementara zona oranye atau risiko sedang 15 daerah, sedangkan zona merah atau risiko tinggi nihil.

Walau sudah banyak capaian positif, Khofifah berpesan kepada warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan karena sampai saat ini Jatim masih belum betul-betul aman dari penyebaran Covid-19.

"Kewaspadaan harus ditingkatkan, protokol kesehatan juga harus terus ditegakkan sembari menunggu vaksin yang efektif untuk Covid-19. Saya optimis bersama warga Jawa Timur, kita semua bisa melewati pandemi Covid-19 dengan hasil yang terbaik," pungkas, mantan menteri Sosial Republik Indonesia itu.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Nov 2020 12:10 WIB

Ingat Selalu Bawa Ini saat Beraktivitas

Nasional

Pandemi Covid-19 belum melandai, patuhi protokol kesehatan 3M.

29 Nov 2020 12:00 WIB

Infeksi Bertambah, Korea Selatan Berencana Tingkatkan Pembatasan

Internasional

Korea Selatan sedang menghadapi gelombang ketiga pandemi.

29 Nov 2020 11:33 WIB

Kades Cantik dari Lamongan Main Film dan Rilis Lagu

Ngopitainment

Kades Angely Emitasari bermain film dan rilis lagu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...