Salah satu sudut kantor Google. (Foto: Google)

Karyawan Google WFH sampai Akhir Tahun

Internasional 09 May 2020 12:38 WIB

Google termasuk perusahaan besar yang paling awal memberlakukan work from home (WFH), tepatnya pada awal Maret. Saat ini mulai timbul pertanyaan kapan mereka dapat kembali bekerja di kantor.

CEO Google Sundar Pichai memberitahukan kepada seluruh karyawannya bahwa mereka akan bekerja dari rumah hingga akhir tahun.

"Saya tahu banyak dari kalian bertanya tentang seperti apa nanti kalau kembali ke kantor dan kapan," cetus Pichai.

Dia menambahkan bahwa pemerintah wilayah kantor pusat Google maupun di berbagai negara ada yang masih meneruskan kebijakan bekerja di rumah sampai akhir Mei.

"Masih gelap untuk mengetahui kapan tanggal pasti karyawan Google bisa ngantor," sambung dia.

Karyawan Google diinformasikan untuk melakukan sejumlah langkah bagi mereka yang perlu ke kantor. Adapun bagi mereka yang sangat perlu ke kantor, baru bisa melakukannya di bulan Juni atau Juli, itu pun dengan prosedur yang ketat.

Kabar ini pertama kali dilaporkan The Information yang kemudian dikonfirmasi oleh sumber independen yang mengetahui hal ini ke Business Insider.

Jika kabar ini benar, Google mengambil langkah serupa dengan yang dilakukan Facebook. Sebelumnya, raksasa jejaring sosial ini juga mengumumkan kepada para karyawannya bahwa mereka masih akan bekerja dari rumah hingga akhir 2020, meski kantor mulai dibuka kembali pada 6 Juli.

Bulan lalu, Google memperpanjang masa bekerja dari rumah hingga 1 Juni dan berencana mempersiapkan dengan sangat hati-hati bagi karyawannya yang terpaksa ke kantor. Menanggapi laporan ini, juru bicara Google belum memberikan tanggapan.

Selain Google, WFH karena adanya pandemi corona juga dilakukan Twitter. Perusahaan dengan co-founder sekaligus CEO Twitter Jack Dorsey ini menjamin uang pekerjanya akan dibayarkan sebagaimana mestinya.

"Kami memahami ini adalah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi ini adalah suatu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya," tulis Jennifer Christie, Vice President Twitter, dalam sebuah pengumuman.

Facebook, perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini, juga mendorong semua karyawan secara global untuk bekerja dari rumah.

Sama halnya Facebook, Amazon merekomendasikan karyawan di seluruh dunia bekerja dari jarak jauh jika pekerjaan mereka memungkinkan untuk dilakukan di rumah.

Staf Google di Eropa, Afrika, dan Timur Tengah juga akan diminta bekerja dari jarak jauh mulai 12 Maret, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 18:15 WIB

Jateng Peduli Sesama, Tema HUT RI Pilihan Ganjar Pranowo

Nusantara

Tema dikaitkan dengan pandemi Corona.

14 Aug 2020 18:10 WIB

Ini Nama Lima Mahasiswa Termuda Unair

Pendidikan

Unair terima 5 mahasiswa termuda, ini daftar namanya.

14 Aug 2020 18:02 WIB

Usai Terima Bintang Nararya, Fahri dan Fadli Zon Main Ayunan

Hiburan

Fahri Hamzah dan Fadli Zon mengenang masa anak-anak yang menyenangkan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...