Surya Paloh. (Foto:Antara)
Surya Paloh. (Foto:Antara)

Karena Jadi Teladan, Surya Paloh Dapat Bintang Penghargaan

Ngopibareng.id Nasional 18 July 2019 12:14 WIB

Tokoh nasional Surya Paloh menerima penghargaan lencana Bintang Astha Hannas karena menjadi teladan masyarakat serta  kontribusinya dalam revolusi mental yang menjadi visi dan misi Presiden Joko Widodo.

Penyematan itu dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia (PKBI) Astha Hannas, Ermaya Suradinata, di Kampus PKBI, Subang, Jawa Barat, Kamis.

Ketua Dewan Pembina Kampus PKBI Astha Hannas Ermaya Suradinata mengatakan penghargaan ini merupakan tanda kehormatan tertinggi dari kampus Astha Hannas dan merupakan pertama kali diberikan kepada tokoh nasional.

"Untuk pertama kalinya, diserahkan kepada seorang negarawan Indonesia, Bapak Haji Surya Dharma Paloh," kata Ermaya.

Ermaya mengatakan penyematan penghargaan lencana revolusi mental Astha Hannas itu merupakan bentuk penghormatan kepada tokoh Indonesia yang dinilai memiliki kontribusi terhadap kemajuan bangsa. Lencana Bintang Astha Hannas dianugerahkan bagi putra-putri terbaik bangsa.

Penghargaan diberikan kepada Ketua Umum Partai NasDem itu karena telah menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat dalam demi tegaknya Ideologi Pancasila dan memprioritaskan keutuhan NKRI.

"Surya Paloh bukan sekedar pemimpin politik tetapi juga sudah menjadi contoh keteladanan, sebagai seorang pemimpin dan sebagai seorang negarawan," kata Ermaya.

Selain itu Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia yang digagas dan diperjuangkan oleh Surya Paloh juga dinilai sejalan dengan Gerakan Revolusi Mental yang tengah dibangun oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu dirinya mengingatkan, atmosfer perubahan iklim dunia dengan cepat berubah. Belum lagi perkembangan ekonomi digital yang semakin cepat dan diakselerasi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia yang semakin modern.

"Namun di sisi lain terkikis nilai-nilai dasar Pancasila dan budaya khususnya Indonesia. Saat ini dibutuhkan sekolah NKRI untuk menggerakkan gerakan revolusi mental yang dilandasi oleh nilai-nilai dasar karakter bangsa Indonesia," ujarnya.

Surya Paloh mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dewan Pembina Revolusi Mental dan Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia Astha Hannas yang telah memberikan penghargaan.

"Tidak pernah terpikirkan dari perjalanan hidup saya menerima penghargaan ini. Saya menaruh kembali penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar kampus pembangunan karakter bangsa," kata Surya Paloh.

Ia berpesan kalau revolusi mental sejatinya dimulai dari dalam diri sendiri. Setiap elemen masyarakat harus bisa mengubah perilaku-perilaku negatif. Tujuannya, menjadikan Indonesia bangkit.

"Dengan siap menyatakan kami Bangsa Indonesia siap menyatakan sebagai bangsa adidaya," pesan Surya.

Selain menerima penyematan Lencana Bintang Astha Hannas, Surya juga meresmikan gedung Sekolah NKRI yang berada di dalam Kompleks Kampus PKBI. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti. (an/am)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Oct 2020 00:25 WIB

Bayern Borong Lima Gelar, Lewandowski Pemain Terbaik Eropa

Liga Champions

Capaian luar biasa bagi para pemain dan pelatih Bayern Munchen.

18 Sep 2020 23:00 WIB

Aktif Kembangkan UMKM, Banyuwangi Raih Natamukti Award

Ekonomi dan Bisnis

Penghargaan bagi kabupaten yang mendorong kualitas produk UMKM

01 Sep 2020 12:39 WIB

Saat Terima Penghargaan MTV, Lady Gaga Pakai Masker dari Indonsia

Hiburan

Lady gaga memakai masker karya label fesyen asal Indonesia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...