Kare Ayam Hijau Rumah Ibu Bikin Kangen Balik ke Bangkok

04 Nov 2018 06:38 Legenda Tenan

Meski makin banyak restoran Thailand di Indonesia, sensasinya berbeda jika makan di negerinya. Apalagi mendapatkan menu makan yang khas di tempat yang khas pula.
 
Saya mendapatkan suasana dan menu khas itu di Restoran Baan Khun May alias Rumah Ibu di komplek Siam Square, Bangkok. Inilah restoran di kawasan bisnis modern yang memberi suasana tradisional Thailand.
 
Dari luar memang bangunan biasa. Seperti ruko. Yang membedakan dengan yang lain ada eksterior rumah tradisional Thailand. Mirip seperti arsitektur rumah gadang dari Padang.
Di dalamnya yang istimewa. Seperti masuk ke rumah tradisional. Perangkatnya terlihat kuno dengan kayu kehitam-hitaman. Beberapa ornamen etnis Thailand makin memperkaya nuansa ruang dalam restoran.
 
Menunya? Ini yang istimewa. Restoran Rumah Ibu terkenal dengan kare ayam hijaunya. Inilah ayam yang dimasak dengan campuran terong ungu dengan cabai hijau. Kare ini seperti lodeh bagi orang Jawa.
 
Dengan beberapa bumbu dan kara santan, kare Rumah Ibu ini sangat terasa bumbunya. Saya malah lebih suka menikmati kuah dengan terongnya, ketimbang ayamnya. Nyam...nyam...nyam, uenak tenan.
Kare ayam hijau dengan makanan penutup andalan Restoran Baan Khun May di Bangkok Foto Arif Afandi
Kare ayam hijau dengan makanan penutup andalan Restoran Baan Khun May di Bangkok. (Foto Arif Afandi)
Masih banyak yang authentic dari restoran Rumah Ibu. Mulai dari sup Tom Yam, telur dadar, dan ikan kepala ular dengan bumbu asam pedas. Seperti kekhasan masakan Thailand, semua bumbunya sangat terasa.
 
Yang juga istimewa adalah Tod Mun Plaa alias fish cake. Kue ikan ini berbentuk bundar kecil sebesar telur. Digoreng dan dimakan dengan saos pedas dan manis. Empuk dan gurih. Saya nggak tahu bumbunya apa. Tapi begitu merasakan sulit untuk berhenti memakannya.
 
Selebihnya ada makanan penutup yang tak bisa diabaikan. Singkong godog manis dengan santan kental. Makanan ini langsung mengingatkan saya waktu kecil saat memakan singkong nyemplung alias singkong yang dimasak dalam legen atau bahan gula kelapa.
Fish Cake yang enaknya membuat mulut tak mau berhenti Foto Arif Afandi
Fish Cake yang enaknya membuat mulut tak mau berhenti. (Foto Arif Afandi)
Karena tempatnya di komplek kawasan bisnis, usai makan kita bisa langsung jalan untuk belanja sambil menurunkan makanan dalam perut yang kekenyangan. Siam Square adalah tempat belanja murah meriah berbagai jenis fashion dan jajanan Thailand.
 
Berikut resep dan cara membuat green curry ala Thailand yang dikutip dari seorang penggemar kuliner Thailand Syanti Ekasari dari cookpad.
 
Bahan Utama:
 
600 gr Boneless Chicken Breast (potong dadu agak besar), Lumuri ayam dengan 1 sendok maka. minyak wijen dan 1 sendok makan thai fish sauce.
Bahan lainnya:
2 batang daun bawang, 4 buah cabai Hijau besar, 3 siung bawang putih, 1 ikat daun ketumbar (sesuai selera), 2 batang seledri, dan 50 ml air masak.
Bahan Tambahan: 
100 gr Jamur kancing iris tipis, 1 buah paprika hijau, 2 butir bawang putih cincang kasar, 2 cm jahe memarkan lalu cincang halus, 600 ml Santan kental, secukupnya Air masak, secukupnya Himalayan salt, dan Lakanto (sweetener sesuai selera).
Interior restoran Baan Khun May yang sangat Thailand Foto Arif Afandi
Interior restoran Baan Khun May yang sangat Thailand. (Foto Arif Afandi)
Cara Memasak:
  1. Lumuri Daging ayam dengan minyak wijen dan thai fish sauce 30 menit sisihkan.
  2. Masukan bahan A kedalam food prosesor lalu haluskan sampai tercampur rata (saya sengaja tidak terlalu halus agar tekstur daun ketumbar masih terlihat).
  3. Tumis Bawang putih hingga harum, Masukan Bahan A tumis bersama dengan mengaduk perlahan hingga tercampur rata.
  4. Masukan potongan ayam kedalam tumisan tersebut aduk hingga ayam berubah warna.
  5. Tambahkan Santan dan air masak. Aduk aduk sebentar lalu biarkan sampai air agak terserap /menyusut.
  6. Tambahkan Himalayan salt dan Lakanto sweetener. Aduk rata lalu tes rasa. Terakhir masukan Irisan Paprika hijau masak hingga paprika agak layu. Sajikan selagi hangat.
Selamat mencoba dan menikmati. (Arif Afandi)