Karakter Duke Caboom dalam film Toy Story 4 (kiri) dituding menjiplak pada sosok seorang stuntman terkenal Amerika, Evel Knievel. (Foto: Pixar/Walt Disney Pictures)
Karakter Duke Caboom dalam film Toy Story 4 (kiri) dituding menjiplak pada sosok seorang stuntman terkenal Amerika, Evel Knievel. (Foto: Pixar/Walt Disney Pictures)

Karakter Duke Caboom di Toy Story 4 Dituding Menjiplak

Ngopibareng.id Film 25 September 2020 00:59 WIB

Film animasi Toy Story 4 banjir ulasan positif dan terbilang sukses di box office, pada akhir pekan perdana penayangannya, pada Juni 2020. Film besutan Pixar dan Walt Disney Company ini menggali lagi sisi anak-anak yang menonjolkan unsur komedi, aksi, dan persaudaraan yang selalu ditampilkan di tiga film sebelumnya.

Pertemuan kembali Woody dengan Bo Peep serta munculnya karakter baru bernama Forky, membuat mata kita terbuka tentang betapa pentingnya menjaga perasaan kasih sayang kepada siapapun.

Sayangnya, dari sekian banyak momen mengesankan tersebut, Walt Disney Company dituntut atas pelanggaran merek dagang oleh K&K Promotions karena kemiripan karakter Duke Caboom di Toy Story 4 dengan seorang stuntman terkenal Amerika, Evel Knievel.

K&K Promotions mengklaim memiliki merek dagang dan hak atas semua penggambaran keserupaan, barang dagangan, dan publisitas mendiang stuntman tersebut. Perusahaan ini berpendapat bahwa karakter mainan berupa pengendara sepeda motor yang bernama Duke Caboom dan suaranya diisi oleh Keanu Reeves itu dibuat berdasarkan pada sosok Knievel.

Sebagaimana dilansir Fox, gugatan hukum ini diajukan ke Pengadilan Distrik AS di Las Vegas, Nevada. Knievel adalah seorang stuntman di era 70-an yang memiliki ciri khas dengan setelan putih dan helm yang dihiasi stiker bendera Amerika berwarna merah, putih, dan biru. Dalam film tersebut, Duke Caboom diceritakan merupakan orang Kanada dan desainnya mencerminkan bendera negara tersebut dengan desain daun maple.

K&K Promotions menuntut ganti rugi dan hukuman, serta meminta royalti dari film tersebut dalam jumlah yang ditentukan di pengadilan.

"Evel Knievel tidak membuat jutaan orang di dunia senang, mematahkan tulangnya dan menumpahkan darahnya hanya agar Disney dapat menghasilkan banyak uang," kata Kelly, putra Knievel yang juga juru bicara K&K Promotions.

Kelly juga mengatakan, "Dia tetap menjadi ikon yang langsung dikenali, seperti yang ditunjukkan oleh popularitas besar (mainan) Evel Knievel Stunt Cycle yang dirilis ulang dan disukai anak-anak yang bahkan belum lahir ketika ayah saya meninggal belasan tahun yang lalu."

Film Tot Story 4 berhasil menghasilkan lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) di box office di seluruh dunia, juga merilis rangkaian mainan termasuk Duke Caboom. Pada ajang Academy Awards ke-92 pada Februari lalu, film tersebut dinominasikan untuk Lagu Asli Terbaik, dan memenangkan Film Animasi Terbaik.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 18:43 WIB

Selain Beasiswa Hingga Kuliah, MAJU Janji Sekolah Swasta Gratis

Pilkada

Selama ini bantuan pemerintah hanya fokus di sekolah negeri saja.

24 Oct 2020 18:28 WIB

Film Resident Evil: Final Chapter, Misi Penyelamatan Manusia

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Resident Evil: Final Chapter.

24 Oct 2020 18:13 WIB

Program J3K Gojek Terapkan 3M

Rek, Ojok Angel Tuturane

J3K untuk jaga mitra driver dan pelanggan terpapar Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...