Kapolsek Kedungkandang bersama jajarannya ketika melakukan sosialisasi protokol kesehatan menggunakan dokar (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)
Kapolsek Kedungkandang bersama jajarannya ketika melakukan sosialisasi protokol kesehatan menggunakan dokar (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Kapolsek Kedungkandang Sosialisasi Protokol Covid Pakai Dokar

Ngopibareng.id Jawa Timur 23 September 2020 19:54 WIB

Kapolsek Kedungkandang, Kota Malang, Kompol Yusuf Suryadi menggunakan dokar untuk mensosialisasikan protokol Covid-19 ke masyarakat yang ada wilayah kerjanya.

Uniknya lagi dalam sosialisasi Kompol Yusuf Suryadi juga menggunakan dialek Malangan. Bahasa tersebut memang erat dengan warga Malang.

Contoh imbauan protokol Covid-19 menggunakan bahasa walikan seperti 'uklam-uklam utem hamur. Ayo Ker Hewag Masker. Oyi Sam!' (Jalan-jalan keluar rumah, Ayo rek pakai masker. Iyo Mas!).

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengapresiasi apa yang dilakukan jajaran Polsek Kedungkandang tersebut.

Ia menilai, ini menjadi sebuah inovasi yang bagus. Menurutnya, penyampaian pesan yang dibalut dengan kearifan lokal akan mudah diterima oleh masyarakat.

"Saya rasa itu bagus, kan enak masyarakat dengarnya. Pakai dokar, pakai bahasa Malangan. Jadi, gak ada perlu digertak-gertak dengan pakai hukuman gitu," ujarnya, Rabu 23 September 2020.

Leo mengimbau agar seluruh polsek jajaran bisa melakukan hal serupa. Upaya preventif harus terus diutamakan dibandingkan dengan pemberian hukuman kepada masyarakat.

''Saya harap inovasi serupa juga dilajukan jajaran polsek lainnya, maupun polresta itu sendiri semua harus bisa memberikan inovasi sosialisasi dan edukasi, jangan hanya penindakan saja,” tuturnya.

Kapolsek Kedung Kandang Kompol Yusuf Suryadi, mengatakan, inovasi sosialisasi protokol kesehatan menggunakan dokar dan bahasa walikan adalah agar masyarakat sekitar lebih mudah mencerna pesan yang disampaikan oleh pihaknya.

"Kami upayakan sosialisasi edukasi bisa diterima dengan baik sesuai dengan kondisi wilayah. Ke depan, kami agendakan sosialisasi dengan inovasi lain dengan cakupan lebih luas," katanya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 16:15 WIB

Manuver Pesawat TNI AU Diduga Picu Munculnya Awan Bentuk Cincin

Jawa Timur

Awan terjadi karena jejak kondensasi pesawat latih TNI AU

01 Dec 2020 16:12 WIB

Sial, Eden Hazard Cedera Otot Lagi

Liga Spanyol

Dia dipastikan absen saat Real Madrid main tandang lawan Shakhtar Donetsk

01 Dec 2020 15:45 WIB

RSSA Malang Sambut Baik Pembangunan RS Lapangan

Jawa Timur

Bisa kurangi beban RS rujukan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...