Sejumlah warga yang kedapatan tidak mengenakan masker (foto: Muh Hujaini/ngopibareng.id)

Nelayan dan Pengunjung Pantai Boom Banyuwangi Kena Razia Masker

Jawa Timur 16 September 2020 00:29 WIB

Aparat gabungan TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan razia pendisiplinan penggunaan masker  di wilayah Pantai Boom dan sekitarnya, Selasa, 15 September 2020. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membawa Banyuwangi dari zona merah kembali menuju ke zona hijau.

Razia gabungan dipimpin Kapolresta Banyuwangi. Razia dilakukan sekitar pukul 20.00 WIB. Setiba di Pantai Boom, puluhan petugas gabungan langsung mencari warga yang tidak mengenakan masker. Dalam hitungan menit, lima orang pengunjung Pantai Boom yang tidak mengenakan masker berhasil dijaring petugas. Selain pengunjung, ada juga nelayan yang tidak mengenakan masker ikut terjaring petugas.

"Karena Anda tidak menggunakan masker maka kami beri sanksi sidang tipiring. Hukumannya  denda atau kurungan. Nanti yang menentukan besarnya hukuman Pak Hakim di Pengadilan," ujar Kabag Ops Polresta  Banyuwangi, Kompol Sukartono, kepada warga yang tidak mengenakan masker.

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin menyatakan,  kegiatan itu merupakan tindak lanjut inpres not 6 nomor 2020 dan Pergub nomor 53 tahun 2020 Tentang penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan dan wajib Masker.

"Malam ini dilakukan di satu titik. Rencanannya akan dilakukan setiap malam di titik yang berbeda, di tempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat tapi tidak ada edukasi penggunaan masker dan protokol kesehatan," tegas kapolresta.

Dia menyebut, masker bisa melindungi pengguna masker dan lingkungan sekitarnya. Upaya pendisiplinan penggunaan masker ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan di kalangan masyarakat. Sehingga penggunaan masker menjadi kebutuhan pokok seperti halnya makan. "Maskermu menyelamatkanku, maskerku menyelamatkanmu.  Sehingga tercipta kesehatan di lingkungan masyarakat di Banyuwangi,"  jelasnya.

Arman menyatakan, Banyuwangi saat inj menjadi wilayah zona merah berkaitan dengan Pandemi Covid-19. Atas dasar itulah, secara masiv dilakukan pendisiplinan penggunaan masker dalam upaya mengembalikan Banyuwangi menjadi zona Hijau. Kegiatan serupa juga dilakukan di seluruh jajaran Polsek yang ada di Banyuwangi. "Mari sama-sama 'menghijaukan' Banyuwangi, salah satunya dengan menggunakan masker sehingga Covid-19 dapat kita lawan dan kita basmi," tegasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

22 Sep 2020 00:20 WIB

5 Fakta Mahasiswi Diperkosa Bergilir 6 Pria dalam Kondisi Mabuk

Kriminalitas

Korban diperkosa secara bergilir dalam kondisi mabuk.

Terbaru

Lihat semua
22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop
22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...