Forkompimda Jatim Tinjau Gereja Bekas Bom Bunuh Diri

25 Dec 2018 11:07 Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman meninjau pelaksanaan misa natal di Gereja Santa Maria Tak Bercela (STMB), di Jalan Ngagel, Surabaya, Selasa, 25 Desember 2018.

Gubernur beserta rombongan Forkompimda tiba di lokasi gereja bekas aksi bom bunuh diri kelompok JAD pada 8 bulan yang lalu, sekitar pukul 08.30 saat misa Natal hendak dimulai.

Soekarwo atau yang akrab disapa Pakdhe tiba langsung mengucapkan salam Islam kepada sekitar 1.500 jemaat gereja STMB yang berjumlah sekitar 1500 orang.

"Assalamu'alaikum," ujar Pakdhe yang langsung disambut dengan jawaban serentak dari para jemaat. "Waalaikumsalam," jawab para jemaat yang hadir diiringi kemeriahan tepuk tangan para jemaat.

Soekarwo mengatakan, peninjauan itu dilakukannya secara berkeling ke beberapa gereja untuk memastikan suasana kamtibmas Natal 2018.

"Kami berkumpul di sini, Frokompimda Jawa Timur dalam rangka menjaga kamtibmas. menjaga ke-bhineka-an, dan kebersamaan umat kristiani dalam menjalankan ibadahnya yang khusuk," ujar Soekarwo.

Sementara itu Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan kepada wartawan mengatakan dalam kunjungannya kali ini juga untuk meninjau pelaksanaan ibadah sekaligus menyebarkan pesan toleransi kepada warga Jatim terutama masyarakat Nasrani yang tengah menjalani ibadah.

Tak hanya itu Luki juga menyampaikan kepada para jemaat bahwa Polri bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh warga agar dalam pelaksanaan ibadahnya bisa khusuk.

"Alhamdulillah sampai dengan detik ini pengamanan seluruh gereja yang dibantu TNI berjalan dengan baik. Situasinya saat kondusif. Tadi malam ada 6 gereja yang kami kunjungi langsung untuk turut merasakan kegembiraan merayakan Natal," ujar Luki.

Salah satu Pastor Gereja STMB, Rama Widiyawan merasa bersyukur dengan kunjungan jajaran Forkompimda ke geraja.

"Ini menguatkan kita untuk menjaga teloransi. Kami juga berterima kasih terhadap Forkompimda yang memberikan keamanan dan kenyamanan. Semoga akar rumput juga begitu," kata Widiyawan. (ocn)