Jalan Tol Fungsional Ngawi-Wilangan, Nganjuk, Jawa Timur. (foto: antara)

Kapolda Jatim Sebut Tol Fungsional Bantu Kurangi Kemacetan Saat Mudik

15 Jun 2018 21:14

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Berjalannya banyak tol yang masih berstatus fungsional, membuat kepadatan kendaraan semakin berkurang di berbagai jalan di Jatim saat mudik atau balik lebaran tahun ini.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin menilai lancarnya mudik kali ini, diakibatkan banyak tol yang berfungsi meski belum seberapa sempurna. Namun dengan dibukanya banyak tol fungsional ia mengatakan tidak terlalu terjadi kemacetan di jalur-jalur yang rawan macet.

"Sekarang ada jalan tol yang walaupun belum sempurna tapi yang masih bersifat fungsional bukan hanya operasional sangat membantu contohnya di Mengkreng itu sudah tidak terlalu berat sangat ringan di Taman Dayu juga sudah demikian fungsi tol sudah dijalankan," ujar Machfud.

Meski tol yang dioperasikan berstatus fungsional dan hanya di buka pada pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dapat membantu dan mampu mengurangi kepadatan di kalur utama di beberapa wilayah di Jatim.

Apalagi kata kapolda tol yang bertujuan ke tempat-tempat wisata seperti Malang. Meski fungsional namun kepadatan di jalur seperti Lawang dan Taman Dayu bisa cair.

Melihat kondisi ini, Kapolsa mengatakan mudik lebaran tahun ini tidak seperti di Jawa Barat yang selalu ada volume kendaraan yang tinggi. Bahkan ia mengatakan, Jawa Timur relatif lancar.

"Kita harus berterimakasih pada semuanya yang turut membantu peran polisi dalam mengamankan arus mudik, karena di Jatim arus mudik tahun ini relatif lancar," katanya. (hrs)