Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan saat memberi keterangan pers di rumah dinasnya, Jalan Bengawan Surabaya, Senin 19 Agustus 2019 malam. (Foto: Faiq/ngopibareng.id)

Kapolda Jatim Jamin Keselamatan Warga Papua di Wilayahnya

Jawa Timur 20 August 2019 08:10 WIB

Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Luki Hermawan menjamin keamanan seluruh elemen masyarakat. Hal ini berlaku bagi suku, ras, agama, dan antar golongan, termasuk kepada warga atau mahasiswa Papua yang berada di Jatim, khususnya Surabaya.

Luki Hermawan menegaskan, keamanan itu sudah selayaknya diberikan pada pemangku kebijakan, termasuk institusi keamanan. Sebagai suatu ekspresi keberagaman dalam sebuah bangsa.

"Kami menjamin untuk warga Jawa Timur pada umumnya yang di dalamnya ada Papua atau Aceh Kalimantan," ucapnya pada awak media, usai acara silaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur dan perwakilan keluarga besar Papua Surabaya di kediamannya Jalan Bengawan, Surabaya, Senin 19 Agustus 2019 malam.

Luki Hermawan juga memastikan semua kelompok suku atau etnis yang sedang berada di Jatim akan dijamin keamananan dan keselamatannya. Baik mereka yang sedang bekerja maupun sedang bersekolah.

"Yang bekerja yang bersekolah akan kami jamin keamanannya, asalkan, mematuhi aturan dan norma hukum yang berlaku di Jatim. Selama mereka Sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan kami akan komunikasikan dengan mereka dan kami akan terbuka," tegasnya.

Selain menjamin keselamatan, Luki Hermawan berencana bertemu dengan para mahasiswa yang tinggal di Asrama Mahasiswa Papua. Ia ingin mengajak mereka untuk makan malam di rumah dinasnya di Jalan Bengawan, Surabaya sekaligus berdialog bersama.

"Jadi termasuk penghuni asrama Papua tadi sudah kami sampaikan pada senior-senior mereka. Kita rencana pada hari Rabu malam kami akan mengundang para mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Papua untuk cangkrukan (nongkrong), kita ngobrol santai," ujarnya.

Tidak hanya mahasiswa Papua yang bakal diundang, namun juga beberapa elemen organisasi ekstra kampus lainnya. "Dari PMKRI dan dari Cipayung plus kami akan lakukan," jelasnya.

Luki Hermawan mengaku optimis dengan rencana ini, lantaran ia ingin melakukan rekonsiliasi secara psikologis untuk meredam gejolak yang ada di antara organisasi kemasyarakatan sekaligus meredam gejolak massa yang kini terjadi di Manokwari, Papua Barat.

"Mudah-mudahan situasi di Papua semakin kondusif dan kehidupan di Papua kembali membaik," pungkasnya.

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

15 Aug 2020 22:45 WIB

Khofifah Ajak Warga Luangkan Waktu 3 Menit pada 17 Agustus

Jawa Timur

Warga diimbau luangkan waktu 3 menit pada 17 Agustus, sesuai SE Mensetneg.

12 Aug 2020 21:35 WIB

Khofifah dan Gus Ipul Lakukan Pertemuan “Empat Mata“ di Grahadi

Reportase

Pertemuan paling intens setelah Pilgub Jatim 2020.

29 Jul 2020 08:44 WIB

Jatim Kemarin, Buruh Luruk Kantor Gubernur Dan Dana Kampung Cair

Jawa Timur

Unjukrasa buruh di kantor Gubernur Jatim.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...