Kapolda Jatim Diganti, M Iqbal Jadi Wakapolda

13 Aug 2018 16:19 Jawa Timur

Gerbong rotasi sejumlah perwira tinggi di Korps Bhayangkara kembali bergulir. Tercatat, ada sembilan jabatan Kapolda dan empat Wakapolda yang diganti.

Dalam surat Telegram nomor ST/2014/VIII/KEP/2018 dan ST/2015/VIII/KEP/2018 yang beredar, Kapolda Jatim dan Wakapolda Jatim ikut dalam gerbong mutasi yang ditandatangani Karo Binkar Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Brigjen Eko Indra Heri, Senin 13 Agsutus 2018.

Posisi Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin bakal ditempati Irjen Pol Luki Hermawan yang sebelumnya bertugas menjadi Wakabaintelkam Mabes Polri. Sedangkan Machfud bergeser menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Sementara posisi Wakapolda Jatim akan ditempati Brigjen Pol M Iqbal yang saat ini menjabat sebagai Karo Penmas (Kepala Biro Penerangan Masyarakat) Mabes Polri. Mantan Kapolrestabes Surubaya itu mengantikan posisi Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, membenarkan adanya rotasi di Korps Bhayangkara. " Surat telegram itu memang ada dan benar. Rotasi hal yang biasa untuk kepentingan organisasi," ujarnya.

Selain Kapolda Jatim juga ada delapan Kapolda yang diganti. Diantaranya, Irjen Boy Rafli Amar yang semula Kapolda Papua dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri. Posisinya digantikan Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri.

Disusul Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang semula Kapolda Banten dimutasi menjadi Kadiv Propam Polri. Jabatan Kapolda Banten akan diisi Brigjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya menjabat Karopaminal Divisi Propam Polri.

Penulis : Rahmad Utomo


Bagikan artikel ini