Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan mengaku jika polisi telah menangkap anggota Anarko di Lawang, Kabupaten Malang. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Kapolda Jatim Akui Tangkap Anggota Anarko di Lawang

Surabaya 15 April 2020 22:52 WIB

Polda Jawa Timur mengaku telah menangkap beberapa anggota Anarko di Lawang, Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu. Penangkapan dilakukan terkait informasi rencana kekerasan yang akan dilakukan kelompok Anarko, pada 18 April 2020.

"Anarko sudah ada yang kami amankan di Lawang. Mereka sudah melakukan pencoretan karena di grup media sosial mereka sudah ada ajakan itu. Bahkan kami sudah takedown media sosial mereka," kata Kapolda Jatim, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu 15 April 2020.

Penangkapan menurutnya dilanjutkan dengan upaya komunikasi oleh tim Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum), dengan pentolan Anarko di Jatim agar tidak melakukan aksi. "Anarko jadi perhatian karena tanggal 18 April ada kegiatan serentak, namun insya Allah dengan kami ambil anggota dan beberapa tokoh, mereka sudah dihubungi agar tidak terjadi," ujarnya.

Tidak hanya berhenti di situ, Kapolda mengaku akan melanjutkan pengamanan dengan melakukan patroli. "Surabaya dan sekitarnya termasuk kabupaten dan kota telah dilakukan jauh sebelumnya patroli berskala besar dengan garis pengamanan gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah," imbuh Kepala Bidang Humas Polda Jatim,  Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko.

Diberitakan sebelumnya, rencana tersebut terdengar setalah Polda Metro Jaya berhasil mengamankan sejumlah anggota kelompok Anarko di kawasan Jakarta Utara. Kelompok ini disebutkan berencana melakukan aksi besar untuk menimbulkan keresahan warga di tengah pandemi covid-19.  

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 21:30 WIB

Prediksi Juventus vs Lyon: Amukan Si Nyonya Tua

Liga Champions

Juventus akan bermain ofensif sejak menit awal demi mengejar defisit gol

07 Aug 2020 21:15 WIB

Plt Walikota Medan Positif Corona, Hasil Swab Keluarga Negatif

Nasional

Positif corona setelah pulang dari Jakarta.

07 Aug 2020 21:01 WIB

Prediksi Man City vs Real Madrid: Menanti Tuah Giardiola

Liga Champions

Guardiola berpengalaman menghadapi Real Madrid ala Zidane

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...